Perancangan Komunikasi Visual Publikasi: Mainan Tradisional

Permainan tradisonal sejak dulu telah menjadi sebuah media pembelajaran bagi anak untuk mengenal kehidupan secara sederhana. Namun disayangkan, pada zaman sekarang permainan tradisional mulai tergerus zaman digantikan oleh permainan – permainan modern. Padahal sesungguhnya permainan tradisional memiliki keunggulan dari segi nilai – nilai dan makna yang ditanamkan melalui permainan tradisional itu sendiri. Pemahaman bahwa permainan tradisional memiliki keunggulan dapat diberikan melalui media berupa literatur.

Karya-1small

 

Kreasi buku memahami permainan tradisional dan nilai – nilai di baliknya bertujuan memberikan sebuah pengenalan dan pengertian tentang permainan tradisional dari sudut pandang yang berbeda yang dihadirkan melalui pengolahan elemen grafis sehingga permainan tradisional tidak lagi dianggap kalah dari permainan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data dari berbagai buku referensi, konsultasi dengan ahli permainan tradisional sehingga didapatkan data akurat dalam proses pembuatannya.

Karya-2small

 

Pengolahan elemen grafis pada kreasi buku memahami permainan tradisional dan nilai – nilai di baliknya dilakukan dengan pembentukan visual yang mendukung keunikan dari permainan tradisional mengunakan prinsip desain yang berlaku agar menarik masyarakat memperoleh pengalaman membaca yang berbeda dan tertarik lebih jauh untuk memahami hal tersebut.