Perancangan Komunikasi Visual Publikasi After-Z : It Is You

Generasi muda khususnya di Indonesia seringkali menjadi sasaran tembak produk asing dan terjebak di inovasi bangsa lain. Fenomena ini membunuh inovasi generasi muda indonesia yang seharusnya menjadi generasi yang produktif. Riset menunjukan bahwa kaum muda indonesia sebagai salah satu pengguna sosial media terbanyak di dunia serta memiliki pengangguran usia muda yang juga besar di dunia Publikasi ini bertujuan untuk memotivasi generasi muda sehingga berinovasi dan menjadi kaum yang produktif sesuai dengan posisinya.

after-z1-small

After-z mengkomunikasikan tokoh muda dengan inovasinya dari perspektif yang baru sehingga memotivasi dan memancing untuk berinovasi melalui perancangan publikasi. Tujuan dari publikasi ini ialah memotivasi generasi muda untuk berinovasi dalam menciptakan masa depan. Untuk memperbarui persepsi dan paradigma generasi muda, sehingga dapat menantang dirinya untuk menjadi bagian dari masa depan dengan merakit dirinya untuk berada dimasa depan dan menghasilkan budaya atau gerakan baru yang dapat berkreasi, berkompetisi, berinovasi, membangun reputasi,  hingga reposisi diri secara global.

after-z2-small

Strategi yang dirancang memiliki makna ganda yaitu seperti judulnya yang berarti setelah z berarti kita, huruf tersebut memiliki makna ganda yaitu generasi xyz, namun secara visual juga didukung oleh tipografi alfabet sehingga tercipta nuansa yang dimaksud. Publikasi didukung media interaktif seperti media digital dan poster interaktif pendukung sehingga AFTER-Z menjadi sarana informasi, diskusi dan evaluasi. Penggolongan generasi xyz yang sudah ada juga menjadi acuan dalam membentuk “positive movement” sebagai kegiatan yang berjalan sinergi dengan dukungan media interaktif bersama publikasi ini. Hal ini diperlukan sebagai dorongan untuk mengembalikan produktifitas generasi muda untuk menjadi penerus bangsa, dan publikasi ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk menciptakan inovasi bagi masing-masing dari mereka untuk masa depan mereka serta  selanjutnya akan berpengaruh ke orang lain, lingkungan, hingga bangsa indonesia.

Hasil perancangan publikasi ini memiliki posisi dan benefit sebagai bagian dari proses untuk menghasilkan proses lain yang lebih besar dan salah satu langkah awal terciptanya gerakan positif lainnya.