Laporan Tugas Akhir yang berjudul Perancangan Visual Publikasi Buku “Aktivitas Kreatif” ini membahas tentang proses pembuatan dari buku aktivitas yang mampu mengeskplorasi kreativitas anak. Pembuatan publikasi buku untuk Tugas Akhir yang dibuat dengan menggunakan pendekatan disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual dengan perancangan publikasi buku tentang aktivitas kreatif. Disajikan dengan visual ilustrasi mix media dan modular grid melalu sistem breaking the grid untuk menjadikan layout yang bermain untuk anak-anak usia 8-12 tahun. Laporan Tugas Akhir ini juga dilengkapi dengan data-data yang berhubungan dengan topik Tugas Akhir serta landasan teori dan teori penunjang lainnya.

AKTIVITAS-KREATIF2-small

Tugas akhir yang dikerjakan oleh penulis yaitu sebuah publikasi buku yang mengambil suatu tema tentang berbagai aktivitas kreatif yang dapat dilakukan oleh anak-anak usia 8-12 tahun. Buku ini bertujuan agar anak-anak dapat menumbuhkan pribadi yang kreatif. Dalam publikasi buku ini, Penulis membuat empat tema dalam kegiatannya. Penulis mengemas publikasi buku “Aktivitas Kreatif” ini dengan konsep desain yang lebih bebas dan bermain. Colorful, namun pada setiap tema menggunakan two tone yang berbeda. Penulis juga merancang dan menggunakan judul serta poster untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk ini, Dalam poster penulis membuat poster sequence dengan two tone dan tema yang berbeda disetiap poster yang menunjukkan bagian besar pada isi buku.

AKTIVITAS-KREATIF1-small

Penulis membuat buku ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak-anak  di Indonesia dan penulis menyadari publikasi buku aktivitas kreatif ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis memberikan saran agar para desainer Indonesia lain dapat menciptakan karya yang lebih baik dan lebih bisa di banggakan lagi, saran yang pertama ialah matangkan terlebih dahulu segala konsep dari buku yang ingin di buat, dari segi konten dan visual. Kedua perbanyak referensi-referensi tentang buku yang ingin di buat, dapat di lakukan melalui literature internet, buku maupun observasi lapangan. Ketiga ambilah tema-tema yang berbeda dari yang lain, atau jarang terlihat atau di kemas di buku lain.