Perancangan Komunikasi Visual Media Interaktif Anak Rahasia si Benih Kecil

Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan membuat topik tentang melestarikan alam sangat relevan saat ini. Terdapat studi bahwa apakah seseorang mempunyai kecenderungan merusak alam atau tidak ditentukan seberapa banyak mereka berinteraksi dengan alam sejak kecil. Karena itu kecintaan terhadap alam ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini melalui edukasi di institusi pendidikan. Di saat yang sama, teknologi dan media sedang berkembang dengan pesat banyak digunakan dalam pendidikan anak. Akan tetapi, media digital saja tidak memadai. Dari pengkajian bahwa anak membutuhkan rangsang 5 panca indera dalam proses belajar mereka, maka terbentuklah Rahasia si Benih Kecil.

port1small

Rahasia si Benih Kecil adalah media interaktif yang menggabungkan konsep teknologi digital yang saat ini sedang berkembang pesat dan cara belajar konvensional yaitu dengan mempraktekkannya secara langsung. Terdapat kit untuk menanam tumbuhan serta website yang digunakan secara bersamaan untuk pembelajaran jenis tumbuhan. Kit bertujuan agar anak dapat melakukan eksplorasi secara nyata dengan menanam benih dan website untuk memberikan pengetahuan tentang tumbuhan tersebut.

port2small

Benih tidak diketahui namanya untuk mendorong anak melakukan eksplorasi. Dengan jurnal yang disediakan dalam kit, setiap minggunya anak dapat menggunakan QR Code di dalamnya untuk mengenal tumbuhan mereka secara perlahan. Di akhir pembelajaran nama tumbuhan mereka akan diberitahukan. Diharapkan melalui media interaktif ini, anak memperoleh pengalaman pembelajaran yang menyenangkan serta menumbuhkan kecintaannya terhadap alam melalui interaksi langsung yang mereka dapatkan.