Perancangan Komunikasi Visual Kampanye: Anti SARA

Isu SARA sudah bukan hal yang asing lagi di banyak negara dan salah satunya adalah negara Indonesia. Banyak sekali faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya tindakan diskriminasi yang melibatkan unsur SARA. Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki beragam kebudayaan yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke yang menjadi salah satu alasan Indonesia memiliki beragam suku, ras dan juga agama yang berbeda-beda pada setiap penduduknya.

Image02

Kampanye anti SARA ini menggunakan sebuah media publikasi sebagai media utama nya yang berfungsi sebagai “reminder” bagi generasi muda bangsa kita untuk tetap menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan juga mengingatkan mereka akan pentingnya hidup  rukun antar sesama tanpa adanya perbedaan. Judul dari buku ini adalah RASA yang merupakan singkatan dari Rukun Antar Sesama dan juga merupakan kebalikan dari kata SARA sendiri. Buku RASA ini berisikan 30 metaphor yang dapat kita jumpai di kehidupan kita sehari-harinya dan setiap metpahor ini menunjukkan keharmonisan dan juga persamaan yang dapat ditemukan di dalam perbedaan.

Image01

Semoga kedepannya, akan semakin banyak dilakukan kampanye mengenai anti SARA ini. Sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia ini kita harus tetap mempertahankan dan juga menanamkan rasa kebersamaan di dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena setiap manusia dilahirkan untuk bebas dan memiliki hak serta martabat yang sama.