Drupadi; Lotus, Api dan Dadu

Joneta Witabora, seorang DKV Binus angkatan 99, pernah menjabat menjadi Deputi Program Creative Adv periode 2010-2013 dan sekarang menekuni dunia ilustrasi dan komunikasi visual. Pada saat ini Joneta mensharingkan project buku Profil Karya F. Widayanto (seniman patung dari tembikar) untuk pameran ke 15, pada pameran 22-30 Agustus 2013 di Galeri Nasional Indonesia.

Dulu Widayanto juga menggarap pamerannya yang berjudul narsisus bersama Joneta dan (saudara kembarnya) Jonata, namun project kali ini hanya dikerjakan Joneta yang membahas karya patung Drupadi; seorang istri dari ke 5 pandawa, juga dihormati sebagai dewi, dan sosok seorang wanita.

Image02

Dari unsur triadik inilah yang dipakai Joneta untuk menggambarkan buku Drupadi. Langkah berikutnya Drupadi dilambangkan dalam semiotik; lotus: karena Drupadi dilambangkan sebagai lotus, api: karena Drupadi dilahirkan dari api, dan dadu: karena Drupadi sempat terjadi tragedi pengundian dalam cerita Mahabrata.

Pada pembuatan font judul, nuansa logo dibuat ekslusif dengan logotype, form dibentuk menyerupai bahasa sansekerta – hanacaraka (dengan base fonttype: riotsquad). Untuk tone bukunya sendiri digunakan dua warna; merah yang menandakan nilai feminin, berani, dan sensual, serta emas yang menandakan nilai classik dan mulia. Digunakan pula elemen visual berupa kain (ciri tarikan kain) dan sinar, dan setiap patung butuh detail yang tidak terlalu tertangkap visualnya bila difoto long shot sehingga disediakan foto-foto detail yang khas.

Image01

Untuk setiap patung memiliki juga judul (bhs jawa) yg diambil dari gestur, ekspresi dan perwatakan yang lebih menggambarkan kecantikan dan sifat daripada penggambaran adegan2 cerita karakter drupadi ini. Beberapa patung disertakan sketsa dan setiap patung disertakan siluetnya sebagai icon dari detail ukuran.

Teknik cetaknya digunakan jenis kertas fancy paper bertekstur berwarna broken white, juga penggunaan fancy paper pearl berwarna emas. Pada setiap halaman jeda dan opening chapter pada judul dan icon dicetak dengan polyfoil, serta sisi buku dengan teknik gilding warna emas. Sedangkan promotion Items: poster punya 3 versi sesuai dengan icon semiotiknya, undangan juga punya 3 versi sleeve dan icon pada bagian porforasi souvenir exchange, serta dibuat pula vertical dan horisontal bannernya. Pada cover buku: disisipi keramik yang merupakan ciri khas setiap buku profil karya si pematung.

Image03