Penyelenggaraan Sidang Tugas Akhir DKV New Media, Genap 2013/2014

Pelaksanaan sidang tugas akhir (TA) dalam jurusan DKV New Media selalu diadakan setiap semester genap & ganjil setiap tahunnya. Pelaksanaan sidang TA untuk semester Genap 2013/2014 adalah pelaksanaan sidang TA bagi mahasiswa tepat waktu sehingga jumlah peserta sidang pada semester genap selalu dalam jumlah besar.

Pada semester Genap ini peserta sidang tugas akhir berjumlah 217 peserta dibagi menjadi 7 kloter sidang. Setiap kloter terdiri dari 32 peserta sidang. Pembagian kloter diurutkan berdasarkan kategori topik yang diangkat dalam judul-judul terpilih TA. Pada periode genap kali ini topik publikasi menempati urutan teratas topik yang menjadi favorit karena banyak diangkat menjadi topik TA, diikuti perancangan identitas visual, Kampanye, Promosi, Media interaktif & Multimedia serta perancangan typeface.

Setiap penyelenggaraan sidang jurusan DKV New Media menyelenggarakan kompetisi workbook yang berisi buku proses kreatif visual mahasiswa dalam tahapan rancangannya selama proses bimbingan. Dari 7 kloter maka dipilih lima pemenang kompetisi workbook dengan hadiah graphic tablet. Dalam proses kreatif pengerjaan tugas akhir, jurusan DKV Binus selalu mengutamakan proses sehingga dokumentasi dari sketsa hingga final artwork menjadi komponen penting dalam penilaian hasil akhir. Berikut adalah salah satu contoh dari salah seorang pemenang kompetisi workbook milik Almerio Adalberto Barros.

01

Dalam workbook akan terlihat proses pengerjaan TA dimulai dari riset dan pencarian data, mind mapping, mood board, visual approach, keywords, big idea hingga tahapan visual sketsa kasar hingga dummy artwork. Setelah proses bimbingan berakhir, mahasiswa peserta TA masih mendapat kesempatan jeda waktu selama satu bulan untuk memproduksi karya dummy mereka untuk materi display sidang akhir.

Sidang Tugas Akhir diawali dengan melakukan tahapan pemasangan display karya tugas akhir pada tiga bidang panel yang telah disediakan jurusan, sehingga pada pelaksanaan sidang para mahasiswa peserta sidang dapat melakukan presentasi di depan karyanya. Setiap mahasiswa mempunyai slot waktu selama satu jam dimana terdiri dari 15 menit presentasi dan sisanya adalah diskusi tanya jawab serta penilaian akhir.

Pada persiapan presentasi sidang tugas akhir, mahasiswa diharapkan untuk mempersiapkan materi presentasi secara mandiri karena gaya menyampaikan presentasi diserahkan sepenuhnya kepada mereka, bahkan bila perlu didukung dengan kostum/uniform yang sesuai dengan topik yang diangkat.

Pada pelaksanaan sidang tugas akhir kali ini, dari total 217 peserta tugas akhir sebanyak 84 mahasiswa mendapat nilai A dan direkomendasikan untuk diikut sertakan pada pameran karya tugas akhir Fresh n Brite 2014 yang rencananya akan diadakan pada awal Desember. Secara keseluruhan sidang berjalan dengan baik dan lancar walupun ada sedikit perubahan jadwal karena bertepatan dengan hari pengumuman KPU pilpres 2014.

Beberapa karya menonjol dihasilkan oleh peserta TA kali ini seperti perancangan typeface yang terinspirasi dari musik, beberapa topik publikasi buku mengenai psikologi (bipolar, adhd) buku how to (merawat binatang , merawat wajah, origami, memasak), buku industri kreatif & budaya, buku ilustrasi dan buku biografi. Pada perancangan identitas visual dan kemasan walaupun banyak melakukan perancangan ulang, namun pemecahan kreatif visual dan format yang dilakukan mempunyai standar industri yang cukup tinggi. Pada topik tugas akhir yang menggunakan media baru seperti interaktif dan multimedia banyak diangkat e-commerce, game interactive, directory serta  kampanye edukasi dengan potensi kebaruan yang dapat diaplikasikan pada kebutuhan sesungguhnya dalam industri, masyarakat maupun pemerintahan.

Sampai berjumpa pada penyelenggaraan Fresh n Brite tahun ini dimana karya-karya inovatif hasil dari tugas akhir ini dapat disaksikan dan dinikmati secara langsung bahkan dapat bertemu muka dengan calon-calon desainer muda yang berbakat.

02