Corporate Identity dan Maskot Kopertis III

Dibawah koordinasi Koordinator Kopertis III Wilayah DKI Jakarta; Prof. Ilza Mayuni, dan segenap tim Kopertis III (Bpk. Imam Yuwono, Bpk. Budi Hery, Bpk. Nandang Suherman, dan Bpk. Nursal), SOD – New Media program kembali mendapat kehormatan untuk membantu dalam pembuatan corporate identity (CI) dan maskot Kopertis III Wilayah DKI Jakarta. Pembuatan ini berawal dari kelanjutan pembuatan audio video company profile Kopertis III. Dalam melayani dan mengkoordinasikan segenap perguruan tinggi swasta wilayah DKI Jakarta ini, Kopertis III berpikir jauh sampai pada pemenuhan sebuah identitas visual terutama dalam mempersiapkan diri secara cermat memenuhi kebutuhan citra dan identitas yang lebih pas dan modern.

MaskotCIKopertisIII01

Konsep dari CI ini sendiri mengacu pada profesionalisme dan semangat melayani yang ramah, untuk itu desainer melakukan pendekatan penyederhanaan bentuk (stilasi) dari lengkungan senyum. Selain itu stilasi lengkungan senyum ini diberikan nuansa warna biru sebagai warna pendidikan Indonesia dan dipadu dengan warna jingga yang mewakilkan nuansa kehangatan dan identitas kota Jakarta (nuansa warna yang diberikan ini adalah permintaan langsung dari brief Kopertis III). Pengaplikasian CI Kopertis III ini juga dilakukan dengan sistemasi visual yang seragam namun variatif dalam menjaga benang merah visual yang ingin dibangun melaluinya.

Untuk konsep maskot Kopertis III ini diambil dari Elang Jakarta atau Elang Bondol yang sebenarnya telah digunakan dalam beberapa ikon Jakarta seperti tugu perbatasan kota dan lambang pada transportasi umum kota Jakarta. Namun dalam visualisasinya, maskot Kopertis III ini kembali disesuaikan secara nuansa warna dan karakteristik yang mencerminkan pelajar kota Jakarta.

Awal pembuatan CI ini telah mulai dilakukan pada bulan November 2013. Dengan pendekatan dan proses pertimbangan yang matang, pembuatan baik CI maupun maskot Kopertis III ini selesai dan disetujui sampai pada (salah satunya) tahap aplikasi cover buku Direktori Kopertis III tahun 2013 dan piala PTS unggulan tahun 2013 pada bulan Januari 2014. Semua proses pembuatan dilakukan dengan waktu yang sangat singkat dan bersifat taktis mulai dari pengambilan keputusan bersama sampai proses penyesuaian (revisi) visual di tempat.