Sekilas Tentang Fotografer Arno Rafael Minkkinen

Pria kelahiran 4 Juni 1945, di Helsinki, Finlandia ini, merupakan salah satu fotografer berkarakter unik. dengan mayoritas karyanya yang black and white dan cenderung dikategorikan dalam foto surealis. karena dalam fotonya Minkkinen mengeksplorasi sudut pandang yang ekstrim dalam menghasilkan karya-karya. peraih Beasiswa Guggenheim untuk Seni Kreatif, AS dan Kanada ini, membagikan pengalamannya dalam berkarya. bahwa dalam pembuatan karyanya membutuhkan totalitas yang bahkan diambil dengan lokasi yang membahayakan, seperti bersandar keluar dari tebing, atau bertahan berada dibawah air demi mendapatkan foto terbaik.

Beberapa fotonya mungkin tampak sederhana namun dibalik itu semua, terdapat kerumitan, yang tidak sesederhana tampaknya, dimana model fotonya di tantang untuk melakukan gerakan yang beresiko yang menguji batas kemampuan gerakan fisik modelnya untuk menghasilkan bentuk terbaiknya dalam bingkai kamera.

Minkkinen, memulai gaya foto ini sebelum era Photoshop dan digital imanging sehingga karya yang dihasilkannya bukan hasil manipulasi atau double exposure dari film, namun benar langsung seperti situasi dan kondisi sebenarnya dari pemotretannya. seperti yang menjadi tagline yang digunakannya :What Happens Inside Your Mind, Can Happen Inside A Camera.

Dengan dasar pemikiran untuk memotret dengan prinsip fotografer dokumentasi, yang merekam hanya sesuai realitas yang ada tanpa manipulasi, Minkkinen sengaja berkolaborasi dengan lingkungan pemotretannya untuk menghasilkan realita alam yang tampak tidak normal.

Dan dengan totalitasnya ini, karyanya selalu menjadi original foto asli yang tidak tersentuh manipulasi tehnologi namun tampak unreal…..


agnes paulina gunawan