People Innovation Excellence

Web Portfolio

giovani-1

Tugas portfolio ini adalah salah satu tugas mandiri untuk mata kuliah New Media II jurusan DKV New Media, di mana setiap mashasiswa diwajibkan untuk membuat portfolio website berisi karya mereka. Tujuannya selain karena  berkaitan dengan pelajaran mata kuliah ini (membuat website) yaitu juga sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia kerja, website portfolio akan membantu designer ataupun ilustrator menunjukkan karya mereka ke masyarakat.

Dalam mengerjakan tugas ini media yang digunakan adalah Adobe Dreamweaver untuk meng coding dan Adobe Photoshop untuk mendesain.

Berbeda dengan tugas di mata kuliah lain dan sebelumnya, membuat sebuah website ini terasa sangat berbeda dan baru, karena bentuk akhir karyanya bukan dalam bentuk hard copy namun tetap dalam bentuk digital yang memiliki tantangan tersendiri.

Dalam pembuatan website ini tantangannya adalah bagaimana caranya membuat sebuah website yang mudah dimengerti, sederhana dan konsisten secara desain, namun juga tidak membosankan dan efektif. Dengan pertimbangan tersebut, saya membgai website portfolio ini menjadi 5 halaman

yaitu, home, student work, drawing, about/contact dan memilih untuk menggunakan tampilan monochrome agar tidak memakan bandwith yang besar.

giovani-2

Pada halaman student work dan ilustrasi terdapat deskripsi singkat tentang karya yang dibuat sedangkan di bagaian about/ contact agar tidak terlihat membosankan maka dibantu dengan ilustrasi berentuk balon kalimat dan beberappa doodles lainnya.

Kesimpulan

Website portfolio adalah salah satu media untuk mempromosikan karya namun proses membuatnya bukan hal mudah, karena agar website bisa efektif kita harus memahami kelebihan dan apa yang mau ditawarkan kepada pengguna web yang kemudian akan mempengaruhi tampilan web tersebut.


Published at :
Written By
Giovani
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close