People Innovation Excellence

Pembahasan Website Portfolio Pribadi

valerie1

Project yang saya bahas kali ini adalah Website Portfolio. Website portfolio ini berisi tentang hasil- hasil karya (portfolio) yang sudah pernah saya hasilkan sendiri. Website ini menawarkan kemudahan, kepraktisan dan efisiensi dalam memperlihatkan portfolio pribadi saya kepada para calon klien saya ataupun orang lain. Mereka dapat melihat portfolio saya secara online tanpa perlu repot untuk bertemu terlebih dahulu. Selain berisi tentang semua portfolio saya, website ini juga memuat informasi- informasi singkat mengenai diri saya, seperti jenjang pendidikan saya, hobi saya, foto diri dan skill yang saya kuasai didalam dunia design. Hal ini dimaksudkan agar para klien dapat memiliki sedikit gambaran mengenai saya dan kemampuan yang saya miliki sebelum kami bekerja sama kelak.

valerie2

valerie3

Target dari pembuatan website portfolio ini sendiri adalah orang- orang yang nantinya berpotensi untuk mempekerjakan saya, berpotensi menjadi klien saya, ataupun berpotensi untuk menjadi mitra bekerja sama dimasa depan. Karena hal tersebut, saya berniat untuk membeli domain dan menjadikan website ini sebagai website portfolio online saya secara permanen. Website ini memiliki empat halaman utama, yakni; home, about, portfolio dan contact. Halaman dengan konten utama yang dicari orang merupakan halaman my portfolio, halaman tersebut saya bagi menjadi dua kategori, yaitu ada di bagian atas yang merupakan tugas- tugas yang saya buat saat diperkuliahan, dan bagian bawah merupakan pekerjaan diluar kampus dimana saya biasanya menghasilkan uang dari pekerjaan yang diberikan oleh klien saya (commercial design).

valerie4

Website ini sendiri saya desain sesuai dengan mood yang saya sukai, simple, clean dan bernuansa vintage, karena saya ingin agar para pengunjung website ini juga tahu mengenai mood dan karakter desain saya. Dasar dari layout saya adalah 960 grid system, agar desain saya rapi dan memudahkan saya saat melayout di Dream Weaver. Warna- warna yang saya pilih sengaja saya sesuaikan dengan mood yang ingin saya dapatkan, yaitu warna- warna pastel dengan ornamen dekoratif berupa sulur- sulur sebagai aksen yang menyinambungkan setiap halaman, menjaganya agar tetap sintaktik satu sama lain.

Efek yang sering saya gunakan dalam Website Portfolio saya adalah efek hover, yangmana setiap kali mouse berada diatas sebuah gambar yang merupakan tombol, maka muncul gambar lain yang berisi penjelasan singkat mengenai tombol tersebut.­ Efek ini juga saya munculkan pada halaman home, karena halaman tersebut merupakan halaman pertama yang dilihat oleh para pengunjung, yang menentukan tingkat ketertarikan mereka terhadap website dan menurut saya first impression adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan.

Karena website portfolio ini menitikberatkan konten pada halaman portfolio, maka saya juga menambahkan efek spesial yang hanya ada disana, yaitu efek yang menggunakan css imageslider. CSS itu menghasilkan efek seperti slideshow yang membuat gambar- gambar portfolio saya berganti secara teratur dengan animasi disetiap transisinya, disertai dengan teks singkat yang merupakan penjelasan karya yang sedang ditampilkan.

valerie5

Demikian sekilas mengenai pembahasan dalam pembuatan website portfolio pribadi saya, saya berharap agar pembahasan ini memiliki manfaat dan dapat membantu memberikan sedikit tips bagi para pembaca yang ingin mencoba untuk mendesain sendiri halaman website portfolio pribadi mereka.


Published at :
Written By
Vallerie Tandri
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close