People Innovation Excellence

Foto Sebagai Interpretasi Karya Dalam Pameran Fotografi ALKISAH Karya Rio Motret





Salah satu proses interpretasi karya seni yang beralih media pada karya fotografi, antara lain pameran karya Rio Motret di Grand Indonesia. Dimana seorang fotografer memvisualkan dalam karya fotografi terinspirasi dengan tema cerita rakyat yang ada di Indonesia, beserta tokoh andalan dari masing-masing tokoh. Dalam hal ini pengadaptasian konsep cerita yang relatif panjang yang tentunya ada awal, intrik dan akhiran, dalam pameran ini diambil hanya 1 perwakilan kejadian atau cerita yang menjadi bagian terpenting dari cerita rakyat itu, untuk dialih wahanakan dalam 1 frame foto.

Dalam pameran ini, ada 17 ide cerita-cerita rakyat yang menjadi kekayaan budaya Indonesia yang di interpretasikan dan di terjemahkan dalam media fotografi, diambil dari berbagai daerah seperti, Keong Mas dari Jawa Timur, Calon Arang dari Bali, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, dan juga Rara Mendut dari Jawa Timur, dan beberapa cerita lain yang menjadi ciri khas suatu daerah di Indonesia.

Dalam rangkaian pameran ini, menurut penulis, ada 2 hasil interpretasi dari seri cerita rakyat yang merupakan bagian dari karya sastra, yang pertama adalah ide konsep pemotretan yang menghasilkan sebuah frame salah satu adegan yang menjadi fokus utama atau bagian terpenting yang memorable untuk pengamat dan pencermat cerita rakyat tersebut.

alkisah2

alkisah3

alkisah1

alkisah4

Beberapa seri karya yang dipamerkan dalam Alkisah

Dan bagian kedua dari hasil interpretasi pengalihan wahana dalam seri karya ini berupa seni tata busana, dimana kostum-kostum yang dirancang dalam pemotretan itu didesain dengan karakteristik tokoh-tokoh yang ada dalam penokohan cerita itu. Sehingga pengamat yang memahami cerita rakyat tadi, umumnya bisa mengenali siapa saja tokoh dalam foto tersebut didukung dengan gaya busana yang dipakai. Misalnya dalam cerita Bawang Merah dan Bawang Putih, pemilihan warna baju dan gaya desain busana yang dipakai oleh para model itu akan dengan mudah membantu pengamat untuk mengetahui mana Bawang Merah dan mana Bawang Putih. Dalam hal ini busana tersebut menjadi bagian penting dalam mahakarya ini, karena jajaran perancang busana yang mendukung pemotretan ini, sebagai kolaborasi karya seni fotografi dan karya seni fashion anak bangsa.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close