PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PERMAINAN PAPAN SELAMATKAN SATWA

ABSTRAK

Tujuan penelitian ialah merancang sebuah media edukasi berupa permainan papan yang ilustratif dan menarik minat anak. Permainan ini dapat dijadikan media pembelajaran yang inovatif dalam memperkenalkan hewan-hewan di dunia sehingga menumbuhkan kepedulian anak untuk melindungi hewan disekitarnya. Metode perancangan menggunakan data-data pendukung didapatkan dari berbagai sumber seperti buku dan internet serta melakukan survei langsung kepada anak-anak melalui institusi pendidikan Sekolah Permai. Hasil analisis didapatkan bahwa perlu adanya pengenalan hewan di dunia yang lebih menarik sehingga lebih efektif untuk proses pembelajaran. Hasil yang dicapai ialah anak-anak lebih mengenal dan peduli terhadap hewan-hewan di dunia dengan dihadirkannya sebuah permainan papan yang edukatif, menarik, dan informatif. (KF)

Kata kunci : Permainan Papan, Selamatkan Satwa, Ilustratif, Edukatif.

kho1

Deskripsi Project:

Permainan papan Selamatkan Satwa dibuat untuk anak usia 8 – 12 tahun. Permainan ini mengajak anak untuk lebih mengenal hewan yang ada di dunia dan di sekitar mereka. Agar anak dapat mencintai hewan-hewan yang ada di dunia, perlu adanya pengenalan akan hewan sejak masih kecil maka dari itu, dibuatlah permainan ini. Permainan papan ini tidak hanya ilustratif tetapi juga bersifat edukatif.  Anak-anak mengumpulkan kartu-kartu berpasangan agar dapat memenangkan permainan. Ada 49 jenis hewan yang dipakai dan diilustrasikan dalam permainan ini beserta 6 tokoh karakter permainan. Permainan ini menggunakan warna-warna yang cerah dan berwarna-warni agar dapat menarik perhatian anak. Selain itu, typeface rounded seperti Banda dan Bubblegum digunakan agar memberikan kesan lembut. Huruf yang dipilih memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi sehingga anak mudah untuk membaca tulisan yang tertera pada permainan. Permainan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk lebih menyayangi hewan-hewan di sekitar mereka baik yang langka maupun yang tidak langka. Anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan.

kho2

kho3

kho4

kho5

kho6

kho7

kho8

kho9

kho10

 

Kho Freline