People Innovation Excellence

PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PERMAINAN PAPAN SELAMATKAN SATWA

ABSTRAK

Tujuan penelitian ialah merancang sebuah media edukasi berupa permainan papan yang ilustratif dan menarik minat anak. Permainan ini dapat dijadikan media pembelajaran yang inovatif dalam memperkenalkan hewan-hewan di dunia sehingga menumbuhkan kepedulian anak untuk melindungi hewan disekitarnya. Metode perancangan menggunakan data-data pendukung didapatkan dari berbagai sumber seperti buku dan internet serta melakukan survei langsung kepada anak-anak melalui institusi pendidikan Sekolah Permai. Hasil analisis didapatkan bahwa perlu adanya pengenalan hewan di dunia yang lebih menarik sehingga lebih efektif untuk proses pembelajaran. Hasil yang dicapai ialah anak-anak lebih mengenal dan peduli terhadap hewan-hewan di dunia dengan dihadirkannya sebuah permainan papan yang edukatif, menarik, dan informatif. (KF)

Kata kunci : Permainan Papan, Selamatkan Satwa, Ilustratif, Edukatif.

kho1

Deskripsi Project:

Permainan papan Selamatkan Satwa dibuat untuk anak usia 8 – 12 tahun. Permainan ini mengajak anak untuk lebih mengenal hewan yang ada di dunia dan di sekitar mereka. Agar anak dapat mencintai hewan-hewan yang ada di dunia, perlu adanya pengenalan akan hewan sejak masih kecil maka dari itu, dibuatlah permainan ini. Permainan papan ini tidak hanya ilustratif tetapi juga bersifat edukatif.  Anak-anak mengumpulkan kartu-kartu berpasangan agar dapat memenangkan permainan. Ada 49 jenis hewan yang dipakai dan diilustrasikan dalam permainan ini beserta 6 tokoh karakter permainan. Permainan ini menggunakan warna-warna yang cerah dan berwarna-warni agar dapat menarik perhatian anak. Selain itu, typeface rounded seperti Banda dan Bubblegum digunakan agar memberikan kesan lembut. Huruf yang dipilih memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi sehingga anak mudah untuk membaca tulisan yang tertera pada permainan. Permainan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk lebih menyayangi hewan-hewan di sekitar mereka baik yang langka maupun yang tidak langka. Anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan.

kho2

kho3

kho4

kho5

kho6

kho7

kho8

kho9

kho10

 


Published at :
Written By
Kho Freline
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close