People Innovation Excellence

Perancangan Ulang Identitas Visual Taman Burung TMII

Tugas Akhir: Perancangan Ulang Identitas Visual Taman Burung TMII. Oleh: Jessica Natalia

Tujuan penelitian dari perancangan ulang identitas visual Taman Burung TMII disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan pentingnya suatu identitas visual. Semua penerapan identitas visual dari Taman Burung TMII yang dituangkan ke dalam implementasi items yang mendukung visual dari Taman Burung TMII itu sendiri. Perancangan identitas visual dari Taman Burung TMII ini dibuat tidak hanya mengaitkan burung-burung yang menjadi objek utama sebagai daya tarik Taman Burung TMII, namun tetap tidak melepaskan visi dan misi dari brand ini, serta brand essence yang dimiliki oleh Taman Burung TMII, Nama Taman Burung TMII sendiri dipertahankan untuk menunjukkan sisi orisinalitas Taman Burung TMII sebagai suatu brand yang berasal dari Indonesia.

Penjelasan Mengenai Karya

Taman Burung TMII adalah satu-satunya taman burung yang memiliki koleksi burung-burung endemik paling lengkap di Indonesia. Taman Burung memiliki konsep open aviary, di mana pengunjung bebas memasuki kubah yang berisi burung-burung endemik Indonesia dan berinteraksi langsung dengan mereka.

Dalam Perancangan Ulang Identitas Visual Taman Burung, warna-warna dominan yang dipilih adalah warna-warna yang notabene memiliki hubungan dengan alam, yaitu biru dan hijau, yang menggambarkan habitat asli burung-burung yang ada. Warna kuning sendiri berasal dari warna paruh elang bondol, yang merupakan maskot DKI Jakarta, lokasi berdirinya Taman Burung TMII. Supergrafik yang digunakan pada signage Taman Burung berupa ilustrasi vector, yang disesuaikan oleh target dari Taman Burung itu sendiri, yaitu anak-anak yang berasal dari sekolah internasional. Karena itulah, bahasa yang digunakan pada semua implementasi dari Taman Burung pun adalah bahasa inggris.

Logo Taman Burung mencakup 4 buah keywords yang dimiliki oleh Taman Burung, setelah melalui proses brainstorming. 4 keywords tersebut adalah: adventure, interaction, cognition, dan energy. Implementasi yang termasuk diutamakan oleh Taman Burung TMII, salah satunya adalah wayfinding, yang merupakan bagian dari signage system.

Screen Shot 2016-09-23 at 6.05.04 PM Screen Shot 2016-09-23 at 6.05.37 PM


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close