People Innovation Excellence

Tugas Akhir : Publikasi Motivasi Besar dari Tokoh Kecil

Tugas Akhir Publikasi Motivasi Besar dari Tokoh Kecil ini berfokus pada motivasi untuk generasi Millenial yang mengangkat cerita dan kutipan dari tokoh-tokoh kecil di perkotaan Indonesia. Mereka yang berjuang tanpa henti demi menantang nasib dan memiliki pencapaian luar biasa meskipun jarang kali diliput dan dipublikasikan ceritanya. Semangat dan etos kerja yang membara inilah yang dinilai sangat cocok untuk menjadi sumber inspirasi dan motivasi generasi millennial yang merupakan generasi yang paling stress di antara generasi lainnya.

Pada Publikasi Motivasi Besar dari Tokoh Kecil ini berukuran 17x17cm, terdiri dari 90 halaman dan juga dibagi menjadi 5 bab besar, yakni kegigihan, kebaikan, bersyukur, pantang menyerah dan kesuksesan.

meilani1

Gambar 1. Tampilan Bab 1. Kegigihan

meilani2

Gambar 2. Tampilan Bab 2. Kebaikan

meilani3

Gambar 3. Tampilan Bab 3. Bersyukur

meilani4

Gambar 4. Tampilan Bab 4. Pantang Menyerah

meilani5

Gambar 5. Tampilan Bab 5. Kesuksesan

Tugas Akhir ini memiliki kata kunci motivasi, positif, youthful, dan kontras. Hal ini dipilih melihat topik motivasi yang memiliki kesan dan dampak positif bagi pembacanya, serta youthful karena pembacanya merupakan kaum Millennial yang berusia 18-35 tahun yang mana menyukai sesuatu yang dinamis. Serta kontras dipilih karena narasumber yang diangkat dengan pembaca memiliki latar belakang yang berbeda dan sangat bertolak belakang. Sedangkan untuk tagline buku ini ialah semangat besar dalam genggaman. Hal ini dipilih karena melihat pembaca merupakan kaum Millennial yang menyukai sesuatu yang praktis dan simple serta membutuhkan untuk membaca motivasi ini setiap hari.

meilani6

Gambar 6. Tampilan Isi Buku

meilani7

Gambar 7. Tampilan Isi Buku

Selain itu melihat karakteristik generasi Millenial yang menyukai sesuatu yang interaktif, maka terdapat bagian buku yang dapat dirobek dan ditarik untuk meningkatkan sisi interaktif buku.

meilani8

Gambar 8. Tampilan Jadi Buku

Untuk pengerjaan buku sendiri sangat memperhatikan prinsip desain, teori warna dan tipografi, serta teknis fotografi. Prinsip desain yang diutamakan ialah kontras, balance dan juga kesatuan. Style yang digunakan untuk penyusunan buku ini  ialah style postmodern yang mana menghasilkan karya yang lebih dinamis, melawan aturan namun tetap unity. Sedangkan untuk warna yang dominan ialah kuning untuk melambangkan semangat dan sisi positif, serta warna hitam putih sebagai kontras kuning. Untuk fotografi yang digunakan ialah fotografi jurnalistik dengan finishing hitam putih untuk menunjukkan sisi dramatis kehidupan narasumber. Sedangkan untuk finishing, buku ini dicetak di atas matte paper 90 gram, dijilid dengan baut dan bagian cover yang dilapisi amplas dan terdapat potongan berbentuk siluet kepala seorang wanita yang dikonde sedang menghadap ke kanan.

Besar harapan penulis buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan semangat bagi para pembacanya di saat-saat yang dibutuhkan pembacanya.


Published at :
Written By
Meilani
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close