People Innovation Excellence

Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL KAMPANYE KURANGI PENGGUNAAN PLASTIK

ABSTRAK

Saat ini pemerintah telah mencoba untuk mengurangi penggunaan plastik dengan cara membuat kebijakan kantong plastik berbayar, dan beberapa organisasi yang perduli terhadap lingkungan mulai mengajak masyarakat untuk perduli terhadap lingkungan. Sayangnya peraturan yang diterapkan oleh pemerintah tidak memberi tahu bahwa diberlakukannya sistem plastik berbayar bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik. Dan merchandise yang dibagikan kebanyakan hanya mencantumkan logo, mandatory, dan quotes. Akan lebih menarik perhatian jika  ditambahkan visual yang berhubungan dengan dampak negatif dari limbah plastik. Perancangan visual media kampanye berjalan ini diharapkan dapat menarik perhatian, dan mempersuasif masyarakat, agar mau merubah pola hidup dengan cara mengurangi penggunaan plastik dan mengganti plastik dengan bahan yang bisa digunakan berulang kali.

Kata Kunci : Plastik,lingkungan, cerdas, hidup.

DESKRIPSI PROYEK :

Big Idea dari kampanye Kurangi Penggunaan Plastik ini adalah “Hidup Cerdas”. Berusaha untuk mempersuasi target dengan kriteria Pria dan wanita berumur 18-25, berprofesi sebagai mahasiswa/i, karyawan, tergolong dalam kategori follower dan trend setter, kategori ini membutuhkan role model sebagai panutan, masih mencari jati diri, sehingga mudah dipersuasif, Aktif bersosialisasi secara lingkungan maupun media sosial, dan memiliki gaya hidup suka berbelanja, aktif, suka kegiatan diluar ruangan, suka berpergian.

Gaya visual yang digunakan adalah desain datar yang memberi kesan simple dan menggunakan warm color yang memberikan kesan bersahabat dan semangat. Penggunaan ilustrasi sebagai elemen visual juga memudahkan masyarakat untuk memahami informasi yang disampaikan. Menggunakan typeface jenis sans serif baik untuk head line maupun body copy, karena typeface jenis ini memberi kesan sederhana dan memberi kesan bersih.

Kampanye ini menggunakan logo, poster, Standing banner, dan media sosial seperti facebook dan instagram sebagai media utama yang digunakan dalam berkampanye. Karena target kampanye tergolong masyarakat yang aktif di lingkungan maupun media sosial. Media kampanye pendukung lainnya adalah tote bag, tumbler, t-shirt, dan note book. Media ini digunakan untuk kampanye berjalan dengan cara mengaplikasikan visual dan data penyelenggara. Dengan harapan visual ini dapat menarik perhatian masyarakat lainnya. Media pendukung seperti tote bag, dan tumbler juga   berfungsi untuk menggantikan kantong dan botol plastik sehingga masyarakat dapat mengurangi penggunaan plastik dengan cara membawa media ini kemanapun ia pergi.

novia1

Gambar 1. Logo kampannye Sebagai indentitas penyelenggara kampanye “Detox Plastik”

novia2

Gambar 2. Gaya visual kampanye “Detox Plastik”

novia3

Gambar 3. Poster,  media utama kampanye

novia4

Gambar 4. Instagram,  media utama kampanye

novia5

Gambar 5. Tote bag,  media pendukung kampanye

novia6

Gambar 6. T-shirt, media pendukung kampanye

novia7

Gambar 7. Note book, media pendukung kampanye


Published at :
Written By
NOVIA NINGSIH
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close