Tugas Akhir : PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL HOTEL OLIVE

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

ABSTRACT

THE RESEARCH GOAL was to re-design the visual identity of Olive Hotel by the vision & mission, values and excellence that was owned by Olive Hotel, so not only known but also creates customer loyalty. DESIGN METHOD start from collecting data until creative strategies. ANALYSIS obtained by the visual identity is fundamental in shaping the image of the brand. RESULT ACHIEVED was  new look visual identity of  Olive Hotel and all media required consistently. CONCLUSION of this Final Project is the new visual identity should be able to match between vision & mission, value as well as also professionalism of Olive Hotel.(F)

Keywords : brand identity, visual identity, redesign brand, olive hotel

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

ABSTRAK

TUJUAN PENELITIAN adalah merancang ulang identitas visual Hotel Olive berdasarkan visi & misi, nilai dan keunggulan yang dimiliki oleh Hotel Olive, sehingga bukan hanya dapat dikenal namun juga menciptakan kesetiaan konsumen. METODE PERANCANGAN diawali dari pengumpulan data hingga strategi kreatif. ANALISIS yang diperoleh yaitu identitas visual merupakan dasar dalam membentuk citra sebuah brand. HASIL YANG DICAPAI adalah tampilan baru identitas visual Hotel Olive beserta seluruh media yang dibutuhkan secara konsisten. SIMPULAN dari Tugas Akhir ini adalah identitas visual yang baru hendaknya dapat menunjukan kesesuaian antara visi & misi, nilai, juga profesionalitas Hotel Olive. (F)

Kata kunci : identitas merek, identitas visual, merancang ulang merek, hotel olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

PENJELASAN SINGKAT KARYA

Hotel Olive merupakan hotel bisnis baru, dimana logo dan identitas visualnya belum sepenuhnya merepresentasikan visi dan misi serta value yang ditawarkan. Pengaplikasian logo dan seluruh media aplikasinya juga terlihat belum konsisten. Untuk itu, perlu dilakukan perancangan ulang identitas visual yang dapat menggambarkan citra baru Hotel Olive sesuai value yang ingin ditunjukkan pada masyarakat.

Logo baru dirancang berdasarkan data dan informasi yang diberikan oleh narasumber. Nama olive berasal dari pohon olive yang diambil dari Israel. Berangkat dari bentuk dasar buah olive, yang memiliki kaitan dengan filosofi hotel sebagai “buah yang menghasilkan minyak dengan banyak manfaat”. Dua buah olive tersebut digabungkan menjadi satu sehingga membentuk bentuk baru berupa hati, sesuai dengan misi hotel yang ingin memberikan pelayanan dengan hati dan ketulusan. Sebagai hotel bisnis, logo digarap dengan look and feel yang professional namun tidak kaku, mengingat tujuan lain dari hotel ini sebagai tempat stay yang nyaman bagi para pebisnis. Bentuk segitiga menggambarkan tiga titik yang bergerak, berkaitan dengan para pebisnis yang saling terhubung satu dengan lainnya. Juga bagi hotel olive, ingin selalu memiliki relasi yang baik dengan para pengunjung. Seluruh media identitas visual dikemas dengan dua warna primer, yaitu hijau (menggambarkan kenyamanan, sukses, biasa untuk menenangkan pikiran dan relaksasi) dan cokelat (bersahabat, elegan, professional).

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Karya_Identitas Visual Hotel Olive

Flourenthia Fermilia Tjandratanaja