WARNA DAN PERMAINANNYA (dua)

Permainan kontras warna baik dalam value dan hue mampu menciptakan efek-efek ilusi yang menarik dan mengagumkan. Efek-efek ini dihasilkan oleh permainan warna melalui beberapa teknik, seperti pengulangan dengan bentuk dan ukuran yang sama (berpola sama), pengulangan dengan perubahan bentuk dan ukuran, dan lain sebagainya.

Hasil permainan kontras value hitam putih dijadikan salah satu aliran seni yang muncul pada tahun 1960’an (………). Dikenal dengan nama Optical Art atau Op Art. Op art digunakan untuk menjelaskan lukisan-lukisan atau karya seni lainnya yang menggunakan teknik ilusi mata. Op art juga dihubungkan sebagai abstraksi bentuk geometri dan abstraksi bentuk keras dan kaku, walaupun sebenarnya lebih condong pada persepsi yang abstrak.

Op art dibuat dengan 2 cara pokok. Cara pertama dan paling dikenal adalah dengan menciptakan efek-efek dengan menggunakan pola dan garis. Umumnya menggunakan pola hitam dan putih. Seperti pada salah satu karya Bridget Riley, Intake. Penggunaan garis-garis bergelombang hitam dan putih secara berdekatan dan paralel, menciptakan kesan bergerak yang bersinambungan. Cara ke dua adalah dengan menciptakan kesan bentuk atau warna baru (after image). Hal ini disebabkan karena reaksi mata dan proses pencahayaan dari komposis warna yang bersebelahan. Seperti yang dikemukakan Goethe dalam risalah berjudul ”Theory of Colours”, dimana pertemuan terang dan gelap akan menimbulkan warna karena tingkat keterangan dan kegelapan adalah 2 dasar penting dalam menciptakan warna.

warna2-1

Bridget Riley, Intake

 

”Semua garis, seperti garis lurus atau lengkung,

 mendatar atau menurun, lintang sejajar atau

berlainan, memiliki hubungan terselubung

dengan emosi.” –Charles Blanc.

Sumber: http://www.op-art.co.uk/op-art-gallery/bridget-riley

Permainan hitam dan putih memiliki efek kontras yang kuat dan memberi banyak manipulasi terhadap mata serta otak. Op art mampu menghasilkan kesan bergerak (movement) ke kearah tertentu, memunculkan warna lain (abu-abu) di antara hitam dan putih, dan kedalaman (depth).

MITA WAHIDIYAT