People Innovation Excellence

Fotografi Sebagai Ilustrasi

Pendapat umum mengenai pengertian ilustrasi yang lebih sering dipakai dalam pembahasan, umumnya adalah suatu proses penggambaran sesuatu, sebagai bagian dari proses komunikasi visual. Komunikasi visual disini merupakan suatu proses komunikasi yang bisa direspon dengan indera penglihatan. Komunikasi visual ini umumnya dipakai di media komunikasi, pada khususnya media cetak, yang biasanya bisa berupa, tipografi, ilustrasi, layout, fotografi, dan lain sebagainya.

Dalam kategori ilustrasi visual, yang di maksud disini adalah suatu gambar yang dapat berupa foto atau lukisan yang berfungsi untuk membantu memperjelas isi sebuah buku, karangan, artikel, dan sebagainya, dapat juga dikategorikan sebagai suatu gambar, desain, diagram untuk penghias halaman sampul.

Bila mengambil penjelasan dari Wikipedia bahasa Indonesia sebagai ensiklopedia bebas, Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan tehnik gambar, lukisan, fotografi atau tehnik seni rupa lain yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.  Yang umumnya bertujuan menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi atau informasi tertulis lainnya, dengan harapan tulisan tersebut akan lebih mudah dicerna atau dipahami dengan bantuan visual tersebut.

Bila ditilik dari asal katanya sendiri yang berasal dari bahasa latin yaitu ilustrate, mempunyai arti untuk menjelaskan. Sedangkan dalam bahasa Inggris, illustration memiliki arti menghiasai dengan gambar. Dari pernyataan tadi, bisa disimpulkan bahwa ilustrasi adalah gambar yang berfungsi sebagai penghias serta membantu menjelaskan suatu teks, kalimat, naskah dan lain sebagainya pada buku, majalah, iklan dan sejenisnya sebagai media untuk mempermudah pengamat agar memahami maksud yang akan disampaikan di tulisan tadi. Sehingga gambar maupun foto ilustrasi pada dasarnya memiliki karakter mengutamakan fungsi gambar atau foto tadi sebagai bahasa yang menerangkan dan memperjelas suatu hal atau keadaan.

Pengembangan tentang ilustrasi ini juga bisa disebutkan sebagai suatu gambar yang melengkapi suatu rangkaian artikel, rangkaian tulisan, rangkaian cerita, bisa juga menjadi gambar yang bisa menjelaskan suatu prosedur, atau suatu proses. Ilustrasi ini bisa merupakan penjelasan dengan jujur dan sesuai dengan fakta yang dijelaskan atau dibahas dalam suatu rangkaian narasi atau tulisan artikel, namun bisa hanya berupa gambar perwakilan atau mengandung arti yang bersifat simbolis saja. ilustrasiGambar 1 (http://www.spd.org/2009/04/illustration-awards-photo-illu.php)

Ilustrasi kadang merupakan bentuk visual dari teks atau ungkapan yang secara simbolik melengkapi dan menjelaskan teks atau narasi tadi. Dengan menggambarkan suatu adegan dalam sebuah cerita, gambar ilustrasi dapat menerangkan secara umum karakter atau penggambaran dari isi suatu cerita. Selain itu, ilustrasi berfungsi untuk menarik pembaca agar tertarik untuk membaca suatu cerita. Sebuah ilustrasi yang dipaparkan dalam sebuah majalah berfungsi sebagai pendukung estetik dari sebuah cerita. Selain fungsi tersebut, ilustrasi juga  dapat mewakili perwatakan  cerita yang ditampilkan, ada korelasi antara visual dan latar belakang cerita.

ilustrasi2.png

Gambar 2 (http://www.cartoonsaloon.ie/)                       ilustrasi3.png Gambar 3 (http://www.onleon.com/tag/ )

Kadang untuk kebutuhan dan tujuan tertentu, ilustrasi melengkapi suatu tulisan untuk mengantisipasi atau untuk menindak lanjuti pengamat yang mungkin memiliki keterbatasan dalam memahami rangkaian tulisan, misalnya untuk anak-anak, antara lain dalam buku pelajaran awal untuk anak yang belum menguasai bagaimana untuk membaca, atau orang yang buta aksara. Dan bahkan untuk mendukung golongan pengamat yang mengalami kesulitan untuk  membayangkan suatu prosedur atau suatu proses dalam kepentingan tertentu, misalnya dalam kartu-kartu Keselamatan Penerbangan. Bentuk dan kebutuhan ilustrasi ini kadang bisa disesuaikan dengan penjelasan apa yang dibutuhkan misalnya karikatur dan distorsi biasanya sering dipakai untuk mewakili sindiran politik dan pengkreasian elemen visual yang menarik dan kreatif untuk tujuan periklanan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close