People Innovation Excellence

Penerapan Keharmonisan Lingkaran Warna dalam Berbusana (Part 1)

Dalam teori warna, ada rujukan yang digunakan dalam mengkombinasikan antara satu warna dengan warna lainnya sehingga tercipta keharmonisannya. Keharmonisan warna-warna tersebut dapat dibaca artikel sebelumnya yang berjudul Jenis-Jenis Warna Berdasarkan KeharmonisannyaDengan memahami jenis-jenis warna tersebut, kita akan dengan mudah menerapkannya dalam berbagai hal dikehidupa sehari-hari, salah satunya adalah dalam berbusana. Berbusana merupakan hal biasa bahkan menjadi kewajiban untuk selalu berpakaian sopan dan rapi dalam konvensi sosial tertentu. Akan tetapi, berbusana bisa menjadi hal yang menarik dan tidak monoton jika kita dapat memadumadankannya secara harmonis. Tidak perlu menjadi seorang fashion designer profesional untuk menerapkan hal tersebut. Cukup dengan memahami dasar dari teori lingkaran warna, kita sudah bisa tampil layaknya fashionasista. Berikut adalah contoh-contoh terapannya yang akan dibagi menjadi dua artikel.

1. Kombinasi Warna Komplementer

Merupakan perpaduan warna yang paling terang dan menarik perhatian. Perpaduan warna terang yang berseberangan langsung dalam color wheel akan menciptakan kombinasi warna yang menarik. Tetapi tidak semua orang berani untuk melakukan kombinas color blocking seperti ini, oleh karena itu, perpaduan warna terang tersebut bisa dikombinasikan dengan salah satu warna yang campurkan dengan penurunan/penaikan warna (tints, tone, shades) untuk menghindari skema warna yang sangat vibrant.

Screen Shot 2015-08-27 at 4.04.41 PM

2. Kombinasi Warna Analogous

Perpaduan warna busana menggunakan warna analogous dianggap merupakan cara teraman untuk tampil menarik tanpa terlihat membosankan. Warna yang dipadu padankan menggunakan turunan warna utama sehingga keseluruhan penampilan busana akan terlihat harmonis. Dalam permainan kombinasi warna analogous diperlukan intuisi pemahaman warna desain untuk menentukan warna dominan yang akan menjadi warna utama dalam satu gaya penampilan.

Screen Shot 2015-08-27 at 4.04.47 PM

Sumber Gambar : www.polyvore.com

Baca : Penerapan Keharmonisan Lingkaran Warna dalam Berbusana (Part 2)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close