People Innovation Excellence

Memahami Rona Kulit Asli (Undertone) dalam Penerapan Berbusana

Tidak semua pakaian dengan warna-warna terang bisa diaplikasikan ke semua individu, begitu pula dengan warna-warna gelap. Kesimpulan dari mencari warna pakaian yang cocok dengan warna kulit ialah untuk mendukung intensitas warna secara keseluruhan dan dampaknya ke penampilan seseorang.

Semua orang memiliki rona kulit asli (undertone). Undertone adalah lapisan warna di bawah kulit yang memancarkan rona pada permukaan kulit (skintone). Warna kulit bisa berubah karena banyak hal, tetapi tidak demikian dengan undertone yang tidak akan pernah berubah. Dengan memahami undertone, kita bisa mengetahui warna-warna yang dapat mengimbangi skintone kita, hasilnya adalah penampilan yang segar, cerah, dan lebih menarik tentunya. Karena jika kita memilih warna yang salah, secara keseluruhan kita akan terlihat kusam dan lelah.

Undertone secara umum dibagi menjadi tiga : Cool/pink, Warm/yellow, dan Netral. Walaupun bukan merupakan hal yang mudah untuk menentukan paduan warna dengan warna kulit kita, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menganalisis tingkatan warna kulit kita. Salah satunya dengan menggunakan penerapan teori warna digunakan untuk mencari undertone.

Pembuluh Darah

Cara ini merupakan metode yang paling sering digunakan karena tidak memerlukan alat tambahan untuk menganalisa undertone. Metode melihat pembuluh darah di pergelangan tangan yaitu untuk mencari warna pembuluh darah kita apakah berwarna kehijauan atau kebiruan. Warna pembuluh darah secara ilmiah adalah warna biru, disini peranan teori warna diterapkan. Ketika warna hijau ketemu warna kuning akan menghasilkan warna biru (warna pembuluh darah), dan warna kuning adalah warna warm. Jika pembuluh darah seseorang yang terlihat adalah biru maka undertone yang dimiliki adalah Cool. Tetapi jika tidak ada kecenderungan warna maka undertone yang dimiliki adalah netral.

Membandingkan dengan Perhiasan

Menggunakan perhiasan berwarna perak dan emas adalah metode yang cukup disegani. Cukup dengan memakai perhiasan berwarna perak dan jika perhiasan perak tersebut mendukung intensitas penampilan seseorang, maka dipastikan undertone yang dimilikinya adalah Cool. Begitu pula sebaliknya, jika warna emas yang terlihat menarik, maka undertonenya adalah Warm. Jika warna emas dan perak terlihat bagus untuk seseorang, maka warna yang dimilikinya adalah netral.

Apa fungsi pengetahuan undertone dalam menunjang berpakaian? Walaupun kita telah mengerti teori warna dan penerapannya dalam mengkombinasikan keharmonisan warna, hal yang terpenting adalah mencocokan dengan warna kulit asli kita sehingga warna yang di kombinasikan akan terlihat jauh lebih menarik ketika dikenakan tanpa terlihat kusam. Setelah mengetahui jenis undertone yang dimiliki, pengelompokan warna yang cocok untuk jenis undertone dibagi menjadi dua. Warna warm/yellow akan cenderung terlihat menarik jika mengguna warna-warna dari kelompok warm. Sedangkan untuk warna cool akan terlihat lebih cerah jika menggunakan warna dari kelompok perak, biru, ungu dan gradasinya.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close