People Innovation Excellence

Jenis Warna Berdasarkan Posisinya dalam Color Wheel (Part 1)

Warna Primer

Warna primer adalah warna utama yang terdiri dari biru, merah dan kuning yang disebut juga sebagai Hue. Ketiga warna dasar ini adalah warna yang bisa dikombinasikan dan menghasilkan warna-warna turunan lainnya. Warna-warna inilah yang bisa ditangkap oleh mata manusia, dikarenakan mata manusia seperti spesies lain yang memiliki tiga macam reseptor warna yang disebut makhluk trichromat. Karena pada dasarnya warna primer bukan milik cahaya, tapi lebih merupakan konsep biologis, yang didasarkan pada respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya. Secara fundamental, cahaya adalah spectrum berkesinambungan dari panjang gelombang (wave length), yang berarti terdapat jumlah warna yang tak terhingga. Mata manusia hanya mampu menangkap panjang gelombang sampai batas tertentu dikarenakan jenis alat penerima/reseptor manusia yang disebut sel kerucut hanya mampu menangkap panjang gelombang hingga 780 nanometer. sehingga tiga warna dasar inilah yang mampu di tangkap manusia dan disebut sebagai warna utama.

Screen Shot 2015-08-26 at 3.43.19 PM

         3 warna utama (merah, kuning, biru) Sumber gambar www.tigercolor.com

 

Warna Sekunder

Adalah warna-warna yang dihasilkan dari percampuran warna-warna primer (biru, merah dan kuning) dalam satu ruang warna. Hasil pencampuran warnanya bisa dilihat dari diagram berikut dibawah ini :

  • Biru + Kuning = Hijau
  • Kuning + Merah = Oranye
  • Merah + Biru = Ungu

Screen Shot 2015-08-26 at 3.43.25 PM

         Sumber gambar www.tigercolor.com

 

Warna Tersier

Merupakan warna yang dihasilkan dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder dalam sebuah ruang warna.

Screen Shot 2015-08-26 at 3.43.28 PM

     Sumber gambar www.tigercolor.com

Baca : Jenis Warna Berdasarkan Posisinya dalam Color Wheel (Part 2)


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. […] Bagian pertama dapat dibaca diartikel sebelumnya JENIS WARNA BERDASARKAN POSISINYA DALAM COLOR WHEEL (Part 1) […]

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close