Perancangan Komunikasi Visual Buku Cerita Interaktif Anak Spaceventure: Petualangan di Luar Angkasa

Pengetahuan tentang sains jarang diperkenalkan kepada anak-anak di usia dini. Dunia astronomi. Padahal pengetahuan tentang tata surya atau astronomi dapat merangsang minatnya tentang pengetahuan sains dan juga merangsang nalarnya. Untuk mengajarkan astronomi yang terkesan sulit pada anak-anak harus diperkenalkan dengan cara yang fun dan menarik.

dkvnewmedia1small

Pengetahuan tentang astronomi berubungan dengan pengetahuan lain seperti matematika, Fisika, Biologi dan lain-lain. Selain Itu anak-anak juga bisa lebih peka dengan kemajuan teknologi. Menurut pakar Ilmu perbintangan anak-anak umumnya sangat tertarik terhadap hal-hal yang menimbulkan imajinasi sendiri, Terutama benda luar angkasa yang tidak umum. Rasa ingin tahu anak anak berkembang dengan pesat sejak saat dia lahir dan meningkat pada umur 5-10 tahun sebanyak 70%.

Dengan pengetahuan tentang astronomi dan tata surya, Anak-anak dapat mengembangkan Fantasi positif dan dapat dilatih untuk berimajinasi. Karena kreatifitas anak perlu dikembangkan dari usia dini, Jika tidak dikembangkan, tingkat kreatifitasnya akan tetap sama dan tidak meningkat. Topik tentang tata surya ini akan menarik perhatian anak karena dia dapat lebih tertarik untuk mengamati dan mempertanyakan tentang lingkungan disekitarnya.

dkvnewmedia2small

Tujuan dari penelitian dan perancangan buku cerita interaktif Spaceventure ini adalah untuk memperkenalkan wawasan astronomi dan sains pada anak-anak dalam cara yang mudah dimengerti, meningkatkan imajinasi positifnya dan sekaligus meningkatkan minat membacanya. Manfaatnya adalah, bagi anak untuk meningkatkan minat dan hasil belajarnya pada mata pelajaran sains dan yang berhubungan dengan sains. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan merancang buku cerita yang interaktif, menarik dan mudah dimengerti yang tidak kalah dengan media digital untuk anak-anak yang bertema dunia astronomi dan segala isinya.