People Innovation Excellence

Pameran Infographic Dkv 5 (Social Campaign)

Dalam perkuliahan semester genap 2013/2014 ini, mata kuliah DKV 5 (social campaign) bekerja sama dengan 5 organisasi sosial: Sanggar Akar, MUGO, Komnas Perempuan, Teach for Indonesia dan Desa Sejahtera  memberikan creative brief sebagai materi studi kasus dalam tugas kampanye sosial yang harus dikerjakan mahasiswa selama satu semester. Pada akhir semester mahasiswa diharapkan mampu merancang rangkaian kampanye sosial ini dalam bentuk dummy visual seperti poster, brosur, iklan, booklet, multimedia dll. Media yang digunakan tentunya akan bergantung kepada konsep yang dipilih.

Infograph01 Infograph03

Dalam tahapan awal proses penggalian data, mahasiswa harus dapat mengolah dan menganalisa data untuk akhirnya dapat merumuskan masalah yang harus dipecahkan secara visual. Proses analisa data hingga perumusan tersebut kemudian dituangkan secara visual dalam sebuah rancangan informasi grafis (infographic) yang dipamerkan pada gallery School of Design. Adapun fungsi dari infographic ini adalah menerjemahkan secara tematik rangkaian  informasi dalam format grafik sehingga data mudah dibaca dan dipahami secara cepat (visualisasi data). Gaya visual yang ditampilkan disesuaikan dengan thema dan konsep organisasi nirlaba yang dipilih.

Infograph02

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan infographic adalah:

  • Data, sebaiknya data yang disajikan ringkas, akurat dan update sebagai sumber perancangan infographic.
  • Tema, penentuan tema menentukan graphic style atau gaya ilustrasi yang akan dipakai (biasanya disesuaikan dengan studi kasus yang dipilih).
  • Flow, alur hirarki  informasi yang disajikan dari awal hingga akhir pada saat merancang layout infographic tersebut.
  • Warna adalah faktor penting lain sehingga secara komposisi desain tampak menarik mata serta membantu hirarki informasi yang ingin disajikan melalui kontras warna yang ditampilkan.
  • Typeface, pemilihan jenis huruf menentukan readability dari sebuah infographic. Perlu diingat bahwa pada infographic adalh kombinasi informasi berbentuk tulisan dan gambar.

Published at : Updated
Written By
Lintang Widyokusumo
Subject Content Coordinator
Leave Your Footprint
  1. Datas are getting more important yet more abundant. Infographics help to read them easier. Well done!

  2. Seneng lihat infographicnya, apalagi penggunaan warna-warna yang pas seperti itu

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close