Proses Produksi Desain dengan Teknik Cetak Datar (Offset Lithography) : PrePress – Press – PostPress 1

Pra Cetak (Prepress)

Teknologi CtP (Computer to Plate) yaitu proses pencetakan/ print dengan cara digital pada lembaran plat untuk keperluan pada mesin cetak offset. Sesuai dengan istilahnya, Direct to Plate, proses pembuatan plat tanpa menggunakan proses pembuatan film foto reproduksi. Image, text, media secara langsung di print pada lembaran plat dari file computer.

CtP sangat dibutuhkan untuk beberapa jenis pekerjaan, seperti mencetak buku, majalah, tabloid, poster, kalender dan cetakan lain, yang membutuhkan plat sekali cetak.

gambar 1: Proses pembuatan plat cetak menggunakan mesin CtP

Cetak (Press)

Pada prinsipnya, proses cetak merupakan suatu tahapan pengalihan tinta dari acuan cetak ke bahan cetak dengan kecepatan dan tekanan tertentu. Berdasarkan kebutuhan, Teknik cetak memiliki teknik yang berbeda beda sesuai produk yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa teknik cetak sesuai kebutuhannya.

Prinsip Kerja Cetak Offset

Cetak Offset adalah jenis cetak yang paling banyak digunakan untuk pekerjaan komersil seperti majalah, buku, brosur, dll. Prinsip Cetak offset adalah tolak menolak antara air dan tinta sehingga dapat terbentuk gambar pada permukaan bahan cetak dan memerlukan proses pengeringan setelah proses percetakan berlangsung.

Cetak Offset menggunakan bahan plat yang datar, sehingga antara posisi bagian gambar dan bagian bukan gambar sama tinggi. Bagian gambar pada pelat yang tidak dilapisi emulsi, ketika dicetak akan menarik tinta, dan bagian bukan gambar akan menolak tinta.

Offset digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas besar. Di antara semua teknik percetakan, offset bisa dibilang merupakan yang paling ekonomis, berkualitas tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala besar.

Mesin cetak offset terbagi atas 2 macam mesin:

Mesin cetak lembaran (sheetfed)

Mesin yang menggunakan kertas lembaran. Prinsip cetak offset adalah tolak menolak antara air dan tinta sehingga dapat terbentuk image pada permukaan bahan cetak/ kertas. Cetak offset menggunakan plat aluminium yang datar,sehingga antara posisi bagian yang tercetak dan bagian tidak tecetak sama tinggi. Bagian image bersifat peka terhadap tinta (oleophilic) ketika dicetak akan menarik tinta, dan bagian non image bersifat peka terhadap air (hydropylic).

Mesin cetak offset sheetfed terdiri dari Mesin Cetak 0ffset 1 warna, 2 warna, 4 warna dan 6 warna (CMYK & 2 Spot color/pantone) bersifat 1 muka.

gambar 2: mesin cetak offset sheetfed

Mesin cetak gulungan (web fed)

Mesin cetak  yang menggunakan  kertas rol/ gulungan dalam proses cetaknya. Biasa digunakan untuk cetak koran, majalah atau buku dengan kertas tipis. Kelebihan mesin cetak web offset adalah memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan hasil cetak dapat langsung terpotong pada 2 sisi kertas. Kecepatan cetak sangat tinggi (40,.000-60.000 cetakan perjam)

Kekurangan nya adalah untuk control register, stabilitas warna tidak sebaik mesin sheet offset. Kualitas cetak juga kurang baik.

Gambar 3. mesin cetak webfed