Komposisi Digital Tema Indonesia masa Perjuangan

Alih alih mengambil konsep peperangan angkat senjata dan kekerasan seperti yang lain nya, Leony Christy mencoba membuat pendekatan lain dari tema tugas Digital Imaging Indonesia masa perjuangan. Tema peperangan yang dirasa sudah banyak dan menyulitkan secara teknis, diganti menjadi tema setelah perang, kembali ke rumah, sebuah cerita sederhana yang membumi.

“Seorang pejuang tanah air Indonesia yang terlelap lelah karena kembali dari medan peperangan dan diselimuti dengan bendera Merah Putih oleh si Istri”.

Kisah yang seolah menjadi terlupakan pada masa peperangan dimanapun, bahwa keluarga menjadi alasan untuk pulang dan konsep ini berhasil diangkat menjadi karya digital imaging yang cukup berbeda dalam mata kuliah Computer Graphic II.

Melalui riset dan melalukan pencarian asset image yang berhubungan dengan tahun tersebut, mulailah di buat karya digital imaging ini. Proses pengambilan foto model dilakukan di studio dengan property dan kostum yang sudah di sesuaikan dengan tema. Foto model digabungkan dengan background dan beberapa property diolah di software Adobe Photoshop.

Pengolahan foto di Adobe Photoshop untuk tugas kali ini sebenarnya tidak memerlukan teknis yang terlalu rumit. Sejauh sesi pemotretan dilakukan dengan kodisi cahaya yang pas serta property yang sesuai maka yang harus dilakukan di Adobe Photoshop hanya menyamakan beberapa warna antara gambar yang diambil di Internet dengan gambar hasil dari sesi pemotretan, sehingga tercipta keselarasan karya digital imaging yang baik.

TM Computer Graphic II – Leony Christy

Hendri Hartono