People Innovation Excellence
 

Wayang Kardus – Kegiatan Kreatifitas untuk Anak

Tradisi wayang tidak hanya berhenti pada bentuk – bentuk lama yang terjaga dengan pagar – pagar pakem dan filosofi yang terkesan tak bisa berubah. Di era sekarang, wayang telah menjelma menjadi kesenian yang dekat dengan visual budaya – budaya populer. Sebagai aktifitas kesenian ia mempunyai karakter yang dekat dengan kegiatan bercerita dan bermain, hal ini menjadikannya cocok sebagai alat belajar dan bermain anak – anak. Wayang menjadi perwujudan visual tokoh – tokoh imajinasi anak -anak, ia berubah dari sesuatu yang hanya ditonton menjadi sebuah ‘mainan’. Material kulit diganti menjadi kardus bekas membuat penciptaan ‘mainan’ ini mudah dilakukan oleh anak – anak, berbiaya murah sekaligus berkontribusi dalam mengolah sampah kertas/kardus.

Aktifitas bermain merupakan fase penting dalam perkembangan anak. Alat permainan tidak harus selalu diperoleh dengan membeli. Membuat ‘mainannya’ sendiri menjadi kegiatan yang mengasyikan dan bermanfaat bagi perkembangan pribadi anak – anak. Menggunakan kardus bekas, kegiatan ini mengajarkan ke anak – anak umum 5 -10 tahun untuk membuat wayangnya sendiri. Menggunakan tokoh/karakter robot diharapkan anak – anak lebih tertarik dan lebih mudah berimajinasi dalam menciptakan tokohnya sendiri.


Published at :
Written By
Jonata Witabora
SCC - Fundamental of Design | New Media

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close