People Innovation Excellence

Kalender Eksperimental Visuality Beyond Representation

Memasuki tahun 2012 lima tahun yang silam, Surya Palace Jaya (SPJ) berkolaborasi bersama i-view (komunitas riset visual DKV Binus University) dalam melakukan sebuah eksperimen visual melampaui peran lumrahnya sebagai sebuah representasi, lewat medium kalender. Kekuatan visual untuk merepresentasikan hal-hal telah lama menjadi batu sendi desain komunikasi visual. Namun dalam jaman serba instan seperti saat ini (dengan koleksi template digital dan CTP), menganggap desain grafis melulu sebagai representasi visual akan membawa desain dan kualitas material itu sendiri ke dalam bahaya besar.

Sederhananya, untuk sekadar merepresentasikan suatu hal misalnya bisnis dengan visual cantik dan pencetakan mewah, kini dapat dikerjakan dengan sangat mudah melalui proses digital—membuat seluruh proses kreatif dan kolaboratif nan panjang dan penuh dengan upaya dari individu-individu yang terlibat (desainer, kritikus desain, penyedia material, percetakan) menjadi ‘peninggalan masa lampau’.

SPJ dan i-view yang berbagi keprihatinan serupa terhadap situasi ini, mengajak Yasser Rizky untuk melakukan eksperimentasi visual dan materialitas kertas sebagai sebuah respon. Tujuannya adalah untuk menemukan kembali daya hidup visual dalam interaksinya dengan materialitas (kertas dan tinta), melampaui cara pandang terhadap desain visual sebagai sekadar representasi. Persoalan cara pandang yang melatarbelakangi pembuatan kalender ini merupakan persoalan mendasar. Kalender ini merupakan satu langkah kecil untuk memulai cara pandang baru terhadap makna visual. Dengan kata lain, eksperimen ini berupaya menghidupkan dunia desain sehari-hari kita melalui penyatuan kembali antara yang visual dan yang material, menuju makna visual yang melampaui sekadar representasi.

Visuality Beyond Representation calendar 01. Design: Yasser Rizky.
Visuality Beyond Representation calendar 02. Design: Yasser Rizky.
Visuality Beyond Representation calendar 03. Design: Yasser Rizky.
Visuality Beyond Representation calendar 04. Design: Yasser Rizky.
Visuality Beyond Representation calendar 05. Design: Yasser Rizky.
Visuality Beyond Representation calendar 06. Design: Yasser Rizky.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close