People Innovation Excellence

JAKARTA FASHION WEEK WEBSITE REDESIGN BY RENATA

renata1

Jakarta Fashion Week (JFW) Website Redesign merupakan salah satu tugas dari mata kuliah New Media II. JFW dikenal sebagai salah satu acara fashion terbesar di Indonesia namun sayangnya informasi yang disajikan melalui website JFW masih tergolong kurang baik dari segi UI (User Interface) dan UX (User Experience). Melalui berbagai sumber referensi seperti majalah dan website fashion lainnya, desainer memutuskan untuk mendesain ulang website JFW dengan konsep clean dan modern untuk menyajikan UI dan UX yang lebih baik dibanding sebelumnya.

renata2

Masalah utama yang dapat dilihat dari website JFW adalah tidak adanya hirarki. Penempatan sponsor yang begitu banyak, penempatan kolom news, live streaming, serta hal lainnya yang kurang tertata menjadikan informasi lain kurang tersorot. Hal ini diatasi dengan menempatkan semua sponsor menjadi satu di bagian footer agar tidak tersebar dan mengacaukan hirarki user. Kolom news juga dipindahkan agar selalu terletak di sisi kanan website agar user tidak lagi kebingungan mencari-cari kolom news yang awalnya tidak memiliki posisi pasti di setiap pagenya. Live Streaming serta hal-hal tambahan lainnya pun di-layout sedemikian rupa sehingga menunjang kenyamanan user saat mengunjungi website JFW.

renata3

Desainer menggunakan tekstur kain sebagai background dari header dan footer untuk menonjolkan kesan fashion, serta background hitam dibelakang link live streaming agar user yang ingin menyaksikan live streaming langsung di website JFW lebih terfokus dan nyaman. Desainer memilih warna background secara keseluruhan berwarna putih untuk menciptakan kesan clean dan modern, serta memilih font jenis serif karena sesuai dengan tema fashion.

Dengan tampilan yang telah di-redesign ini, website JFW lebih nyaman dilihat (UI lebih baik) dan memungkinkan user untuk mengunjungi website ini kembali untuk melihat informasi / update-an terbaru (UX lebih baik).

renata4

Demikian sekilas pembahasan mengenai tugas mata kuliah New Media II : Jakarta Fashion Week Website Redesign yang dilakukan oleh Renata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta memberikan inspirasi bagi anda. Terima kasih.


Published at :
Written By
Renata
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close