People Innovation Excellence

Karya Komgraf 2 Helena Hanny Kosnadi

4060

Konsep

Saya mengangkat tema fantasy yang mungkin secara tidak sadar terinspirasi dari music video dari coldplay yang berjudul up&up. Karena saya suke dengan binatang, dari awal saya memang sudah memutuskan untuk menggunakan elemen hewan dalam tugas ini. Saya akhirnya memilih penyu karena karateristiknya yang anggun dan caranya berenang yang mirip dengan burung di udara. Dalam tugas saya yang kali ini, saya membayangkan dunia fantasy dimana awan berada di bawah permukaan laut, membuat ilusi seakan langit berada di dalam laut, atau laut berada diatas langit. Saya sendiri menjadi bingung kea rah mana saya harus mengerjakan tugas ini : apakah penyu-penyu tersebut sedang berenang di dalam laut, atau sedang terbang di langit? Pada akhirnya, saya memberi tone dan efek underwater karena warna yang dihasilkan cukup menarik.

Sejarah Pengerjaan

Tugas mandiri ini adalah tugas kedua saya di mata kuliah Komputer Grafis II. Jika pada tugas pertama kita hanya mengedit muka, kali ini kita harus menggabungkan banyak foto dan elemen menjadi satu, dan ini adalah pertama kalinya saya melakukan hal seperti itu. Jadi, hal pertama yang saya lakukan setelah mencari konsep adalah mencari beberapa tutorial yang bisa membantu saya pada pengerjaan tugas kali ini.

Kemudian, saya mencari lebih banyak foto yang bisa dipakai. Bagian ini memakan waktu yang cukup banyak karena saya mengalami kesusahan dalam mencari foto yang resolusinya besar dan sesuai.

Hal yang saya sadari setelah selesai cropping foto adalah angle kaki saya yang tidak sesuai dengan penyu yang akan saya naiki. Jadi, saya ‘memindahkan’ kaki kiri saya dalam foto dengan cara menggunakan lasso & cut tool dan rotate serta melakukan beberapa adjustment dengan clone stamp tool.

Setelah memberi adjustment warna dan memberi efek underwater, saya memberi shadow tambahan dengan brush tool dan multiply, serta memberi cahaya dengan brush dan overlay.  Hal terakhir yang saya lakukan adalah flatten layers, duplicate, dan memberi efek Gaussian blur pada duplicate tersebut sehingga memberikan kesan ‘dreamy’ pada hasil akhirnya. Saya mengerjakan tugas ini secara sedikit-sedikit, setiap hari selama sekitar 4 hari. Hasil akhir tugas ini menggunakan 16 foto yang berbeda, 2 diantaranya sudah dalam bentuk PNG yaitu gambar awan. Ada juga gambar ikan yang saya duplicate dan diganti saturationnya.

 Setelah selesai,  karya ini pun dicetak pada art carton berukuran 40×60 cm.

Kesulitan

Saya baru semester ini belajar menggunakan photoshop, dan merupakan pertama kalinya saya harus mengedit dan menggabungkan banyak gambar menjadi satu, jadi saya merasa tugas ini cukup berat dan memakan waktu.

Saya juga kebingungan di masalah warna. Pada awalnya asistensi saya menggunakan tone pink dan biru untuk menghasilkan kesan cotton candy pada awan, tapi menurut para dosen, akan lebih bagus bila menggunakan warna seperti di bawah laut. Maka saya pun mencobanya. Saya sendiri awalnya bingung bagaimana, namun setelah melihat referensi dan tutorial untungnya saya bisa lebih memahami caranya

Sejujurnya bagian yang sulit adalah mencari gambar yang memiliki resolusi besar sehingga tidak pecah ketika di print di media 40×60 cm. gambar penyu yang paling besar berukuran sekitar 4000 pixel, namun ternyata masih kurang tajam. Tapi apa boleh buat, karena saya tidak bisa menemukan gambar penyu yang lebih cocok, saya memutuskan untuk menggunakannya.

Hal lain yang menjadi kendala adalah, foto underwater cenderung memiliki aksen biru pada semua elemen di gambar tersebut. Karena saya kurang ahli menggunakan metode color range, saya mengalamai kesusahan dalam cropping gambar yang berisi banyak ikan underwater.

Hasil Akhir, Output Nilai, Tanggapan

Tugas ini saya kerjakan dengan banyak effort dan memadukan 16 gambar, dan saya cukup puas dengan hasil akhir dari tugas ini. Namun tetap saja saya merasa sayang bahwa gambar penyu yang paling besar tidak begitu tajam karena harus saya perbesar dari ukuran aslinya.

Saya telah belajar banyak berkat tugas ini dan berharap dapat terus berkembang di kedepannya.

 


Published at : Updated
Written By
Helena Hanny Kosnadi
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close