PERANCANGAN VISUAL PUBLIKASI BUKU ILUSTRASI KEBOHONGAN

ABSTRAK     :

Dalam berkomunikasi, ada kalanya seseorang akan melakukan kebohongan untuk menutupi / menyembunyikan sesuatu. Karena pada dasarnya, berbohong merupakan bagian dari hubungan sosial atau komunikasi antarmanusia. Berbohong adalah tindakan yang dilakukan secara sadar, di mana pengirim pesan mencoba untuk memanipulasi atau memalsukan isi pesan / informasi kepada penerima pesan. Adapun pesan yang mengandung kebohongan biasanya tidak jelas kepastiannya. Jika pesan itu berupa jawaban, biasanya disampaikan dalam jeda waktu yang cukup panjang dari waktu diajukannya pertanyaan. Pesan yang disampakan pun biasanya kurang relevan dengan topik.

Keywords : Bohong, Kebiasaan, Refleksi Diri, Hypocrate, Satire

DESKRIPSI PROJEK           :

Big Idea dari Buku Publikasi Kebohongan ini adalah “Kebohongan Sudah Menjadi Keseharian”. Target yang diinginkan adalah laki-laki dan perempuan berumur 18-29, berprofesi sebagai mahasiswa/i, karyawan, dan pengusaha, yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta suka membaca buku.

Gaya visual yang digunakan adalah dengan menggunakan ilustrasi dan goretan brush untuk menunjukkan keseharian pribadi seseorang. Menggunakan 2 warna yang kontras untuk menunjukkan 2 sisi seseorang. Penggunaan ilustrasi sebagai elemen visual utama sehingga orang mudah mendapat gambaran tentang isi buku yang disampaikan.

Buku ini berisikan Judul, Cover, inside cover, divider, judul bab, packaging, spread, folio/nomor halaman. Serta item pendukung sebagai materi display seperti poster, x-banner, pembatas buku, kartu koleksi, mug, pin, dan gantungan kunci.

handy-1

Gambar 1 : Logo Buku Gapapa.

handy-2

Gambar 2 : Gaya Ilustrasi yang digunakan

handy-3

handy-4

handy-5

Gambar 3 : Typeface yang digunakan

handy-6

handy-7

handy-8

handy-9

handy-10

Gambar 4 : Divider

handy-11

Gambar 5 : Halaman Isi

HANDY CHRISTANTO