People Innovation Excellence

PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL BABYS AND MOM

ABSTRAK 

Babys and Mom Baby Shop adalah sebuah toko online penyedia perlengkapan ibu dan bayi di Indonesia. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar orang tua baru sebagai sasaran pasar yang utama. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual dan desain  yang merepresentasi toko penyedia perlengkapan ibu dan bayi yang peduli, simpel, dan terpercaya. Semuanya diaplikasikan pada brand touchpoint sebagaimana dimuat dalam sebuah brand guideline, yang sesuai dengan prinsip branding dan big idea yang baru, “Newly Parents’ Mate”. Hasil perancangan menunjukkan kesesuaian antara nilai, visi, misi, dan kepribadian dengan identitas visual yang baru. (F)

Kata kunci : identitas merek, merancang ulang merek, identitas visual, bayi, perlengkapan ibu dan bayi

PENDAHULUAN

Babys and Mom sebagai e-commerce­ penyedia perlengkapan ibu dan bayi di Indonesia menjadi salah satu yang memanfaatkan peluang bisnis di bidangnya. Sejak tahun 2008, Babys and Mom melayani konsumen dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Ia menyediakan beragam jenis produk, baik lokal maupun impor, serta menawarkan harga yang kompetitif. Babys and Mom juga memiliki toko fisik yang menjadi nilai lebih untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Sebagai usaha yang tidak lekang dari keadaan pasar di Indonesia sekarang ini, e-commerce seperti Babys and Mom juga perlu memiliki identitas visual yang profesional dan website yang mendukung. Belum adanya identitas visual yang menunjukkan jati dirinya bisa menjadi faktor kurangnya kepercayaan konsumen terhadap Babys and Mom.

TUJUAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang ulang identitas visual bagi Babys and Mom dan implementasinya pada berbagai media terkait, seperti user interface pada website, media promosi, dan aplikasi-aplikasi lainnya, agar menjadi visual yang terintegrasi dengan baik dan distingtif untuk marketnya.

METODE PENELITIAN

Metode pencarian data yang Penulis lakukan adalah :

  1. Studi Literatur

Mencari data, pengetahuan dan insight dari buku maupun artikel.

  1. Pencarian bahan dari Internet

Melihat perkembangan dunia bayi di Indonesia dan mencari tahu keunggulan serta kelemahan dari e-commerce yang menjalani usaha di bidang yang sama.

  1. Wawancara dengan narasumber

Penulis mewawancarai Sandy Octa Halim dan Davin Octa Halim selaku pemilik dari Babys and Mom.

  1. Kuesioner

Untuk mengetahui pandangan dan tanggapan masyarakat terhadap toko perlengkapan ibu dan bayi, penulis telah melakukan riset dengan cara menyebarkan kuisioner kepada lebih 75 responden. Melalui kuisioner ini, dapat diketahui bahwa dalam memilih tempat belanja perlengkapan ibu dan bayi, harga yang murah tidak selalu menjadi yang utama, tetapi juga tampilan yang menarik serta mudah dimengerti sehingga tercipta suasana yang nyaman.

HASIL DAN BAHASAN

Berdasarkan analisa riset yang yang telah dilakukan, hal pertama yang dilakukan penulis adalah mencari nama baru bagi Babys and Mom. Nama adalah hal utama yang terpenting dan membentuk impresi di pikiran konsumen, nama yang terpilih adalah Baby Kadabra. Baby Kadabra adalah wajah baru dari Babys and Mom sebagai e-commerce perlengkapan ibu dan bayi terpercaya di Indonesia. Sejak kabar pertama, Baby Kadabra siap melayani orang tua baru dalam memenuhi kebutuhan akan perlengkapan ibu dan bayi.

Baby Kadabra tidak hanya ingin sekedar menjadi e-commerce penyedia perlengkapan ibu dan bayi, tapi Baby Kadabra ingin menjadi sahabat bahkan pendamping bagi para orang tua baru dalam menjalani masa pertumbuhan dan perkembangan calon bayi. Baby Kadabra menjadikan dirinya sebagai “newly parents’ mate”. Menciptakan suasana yang bersahabat dimana orang tua baru dapat merasa nyaman dan terbantu untuk mendapatkan yang tepat dan terbaik bagi sang ibu dan bayi.

Dengan brand essence baru, yaitu newly parents’ mate, Baby Kadabra dibuat tidak hanya untuk selalu memberikan yang tepat, tetapi juga yang terbaik bagi konsumennya. Personality yang ingin disampaikan oleh Baby Kadabra adalah parenthood, caring, simple, dan  reliable

febiana-1

febiana-2

Logotype yang baru dari Baby Kadabra menggunakan typeface yang rounded untuk menunjukkan sisi nyaman dari Baby Kadabra itu sendiri dengan huruf “b” dan “k” pertama yang dibentuk menyerupai tongkap sulap. Logogram menampilkan seorang bayi dengan tangan ibunya yang membentuk senyuman di wajah bayi tersebut. Ini menunjukkan bahwa parenthood tidak hanya menjadi tantangan tapi juga membawa keceriaan. Tangan bayi yang memegang tangan ibunya menunjukkan koneksi antara dia dengan ibunya. Ketergantungan dirinya pada kasih ibunya menyimbolkan bahwa Baby Kadabra adalah yg terpercaya dan orangtua baru tidak perlu khawatir akan kualitas dan servis yang sudah pasti terjamin. Ekspresi dari bayi tersebut yang mengedipkan matanya dan menciptakan “magic sparks” merepresentasikan bahwa dengan Baby Kadabra, orangtua baru dapat dengan mudah mendapatkan yang dibutuhkan untuknya dan bayi mereka.

Warna yang digunakan adalah warna pastel, warna yang menimbulkan kesan nyaman bagi bayi serta melambangkan kelahiran baru. Penggunaan bentuk-bentuk sederhana sehingga konsumen dapat mudah memahami dan mengerti maksud yang disampaikan.

febiana-3

Supergrafis dibuat dengan menggabungkan ide bayi dan magic sehingga terbentuklah botol susu yang menghasilkan magic sparks seperti tongkat sulap. Warna yang digunakan sesuai dengan warna palet Baby Kadabra dan menjadi ciri khas dari Baby Kadabra itu sendiri.

febiana-4

febiana-5

febiana-6

febiana-7

febiana-8

febiana-9

febiana-10

febiana-11

SIMPULAN DAN SARAN

Identitas visual adalah salah satu hal utama yang terlihat. Maka identitas visual yang dimiliki oleh suatu brand haruslah dirancang dengan baik dan menggambarkan jati diri serta kepribadiannya. Identitas visual Babys and Mom berubah menjadi Baby Kadabra. Dengan identitasnya yang baru, ia menunjukkan dirinya sebagai newly parents’ mate. Perancangan identitas visual yang sudah berubah tentunya diterapkan secara konsisten pada berbagai aspek sehingga tercipta suatu brand yang kuat.

 


Published at :
Written By
Febiana Tanuwijaya
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close