People Innovation Excellence

PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL APLIKASI MOBILE JURNAL HARIAN PERTANIAN “INSANTANI”

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan sebuah jurnal harian secara online untuk pertanian yang modern dengan eksplorasi desain komunikasi visual berbasis ilustrasi vektor. Dengan metode penelitian antara lain : dengan melakukan interaksi langsung pada narasumber praktisi pertanian dan perkebunan modern, selain itu juga mencari data melalui buku-buku, selain itu juga melalui jaringan internet. Dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa masih banyak petani yang kesulitan memantau lahannya secara cepat karena lokasi berjauhan. Hasil yang dicapai melalui penelitian ini adalah penciptaan tampilan sebuah aplikasi mobile berbasis Android dengan ukuran 1080×1920 pixels. Berisikan tampilan fitur pencatatan lahan online yang dirunut menurut tanggal untuk memberikan informasi yang akurat bagi petani dan rekan kerjanya yang letaknya berjauhan. Simpulan dari tugas akhir ini menghasilkan sebuah tampilan aplikasi mobile yang atraktif secara visual dengan pengolahan ilustrasi vektor dan desain flat yang sesuai dengan karakteristik pertanian yang modern. (M)

Kata Kunci : Aplikasi, Pertanian, Modern, Flat, Jurnal.

PENDAHULUAN

Sekarang ini, Urban Farming mulai menjadi salah satu hal yang dilirik di masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Urban Farming biasanya dilakukan sebagai pengisi waktu luang atau hobi, maupun juga untuk dijadikan usaha di lahan-lahan mulai dari skala kecil yaitu lahan pekarangan rumah hingga lahan perkebunan di daerah tertentu dalam skala besar. Selain itu, Urban Farming juga mendukung penghijauan lingkungan serta penghasil bahan pangan untuk penanamnya ataupun untuk lingkungan sekitar.

Latar Belakang

Saat ini orang di perkotaan sudah mulai melirik sistem urban farming dan mulai banyak yang mencoba bercocok tanam dengan mamanfaatkan lahan yang sempit. Selain itu teknologi seperti smartphone sudah dimiliki oleh hampir semua orang di perkotaan maupun di desa sekalipun.

Rumusan Masalah

Bagaimana perancangan tampilan suatu aplikasi urban farming pada smartphone berbasis android bernama Insantani yang dapat digunakan untuk media pencatatan dan pertukaran infomasi tentang lahan, praktis digunakan oleh target user.

Tujuan Perancangan

Merancang desain aplikasi smartphone berbasis android yang memberikan kesan modern, simple dan bersih. Serta UI/UX yang mudah dimengerti sehingga mudah dan nyaman digunakan serta lama-kelamaan menimbulkan awareness tersendiri di masyarakat tentang kegiatan bercocok tanam secara modern.

Target Audience

Target utama dari aplikasi ini adalah para dewasa muda yangtertarik pada bidang urban farming ataupun mereka yang mempunyai lahan di desa walaupun punya lahan di desa. Dan juga mereka yang mempunyai minat dan hobi tentang bercocok tanam modern.

  • Menurut Demografi :
  • Pria/Wanita
  • Usia 25-35 tahun
  • Kelas A-B
  • Tinggal di kota besar
  • Pengusaha perkebunan/pertanian, ibu rumah tangga, praktisi lingkungan.

METODE PENELITIAN

Metode pencarian data yang Penulis lakukan adalah :

  1. Studi Literatur

Mencari data, pengetahuan dan insight dari buku maupun artikel

  1. Pencarian bahan dari Internet

Mencari data yang berkaitan dengan urban farming. Melihat perkembangan dan minat masyarakat terhadap aplikasi yang bermanfaat untuk sehari-hari.

  1. Wawancara dengan narasumber

Penulis melakukan wawancara dengan Bpk. Ronny Koswara selaku CEO PT Nostra Solusi Teknologi, Ibu Amanda Cole selaku praktisi lapangan dan pertanian dan perkebunan hidroponik organik, Bpk. Adhie Guna selaku pengelola lahan perkebunan Mbah Tani di Blitar, Bpk. Herman Santoso selaku pengelola lahan perkebunan Mbah Tani di Pamulang, Ibu Septiana Nurma Wijayanti selaku Back-End/QA Engineer, Bpk. Taufik sebagai Front-End Engineer.

Untuk mengetahui pandangan dan tanggapan target user terhadap permasalahan ini, penulis telah melakukan riset dengan wawancara secara lisan terhadap orang-orang yang bersedia di wawancara di atas. Hasilnya adalah mereka memerlukan penghubung antara pemilik lahan serta pengelola lahan karena sulit untuk mengontrol lahan harian dengan lokasi yang berjauhan.

HASIL DAN BAHASAN

Berdasarkan data yang telah didapat, maka dirancanglah sebuah konsep aplikasi smartphone berbasis Android bernama Insantani ini.

Konsep yang diusung adalah membuat aplikasi modern dengan UI yang menarik dan UX yang mudah digunakan oleh target user. Kesan yang ingin ditampilkan adalah aplikasi yang clean, simple, flat, tertata rapi dan modern, dengan warna yang cerah sehingga terkesan fresh. Ilustrasi didalamnya menggunakan ilustrasi vektor yang merupakan bagian besar dari flat design. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia, tetapi untuk istilah tertentu tetap dalam bahasa Inggris yang sudah biasa digunakan pada keseharian para praktisi pertanian.

Tipografi utama buku ini menggunakan typeface Roboto dan juga Gotham Rounded yang bersifat modern dan juga nyaman dibaca untuk sebuah aplikasi smartphone. Gotham Rounded lebih banyak ditemukan di website Insantani, serta juga ada di tagline bawah logo.

Warna-warna yang digunakan adalah warna-warna pastel yang cerah, hijau, biru, kuning dan ungu, dan sedikit warna kemerahan yang mempunyai makna:

  • Meadow Green : Keasrian, kesuburan, kesejukan, keseimbangan.
  • Deep Green : Keanggunan, kenyamanan, kesuksesan materi, kelimpahan.
  • Pale Yellow : Energi, pemahaman, optimisme, kerjasama.
  • Pale Orange : Kehangatan, pencapaian bisnis, kesuksesan, ketertarikan.
  • Violet : Pengaruh, aspirasi, intuisi, pencerahan, ambisi.
  • Scarlet-Pale Peach : Menghargai, kemanusiaan, kehormatan.
  • Pale Grey : Kepercayaan, tanggung jawab, keamanan, keseriusan.
  • Tosca – Mint Green : Ketenangan, kedamaian, pemulihan.

 

Big idea dari aplikasi ini adalah Pantau lahan setiap hari” merupakan big idea dari aplikasi mobile Insantani. Big idea tersebut diterapkan sebagai tujuan utama aplikasi, untuk memotivasi para pengusaha untuk mencari komoditas pangan berupa sayuran atau buah yang cocok untuk ditanam dan hasil panen yang baik yang layak dijual ke pasar. Hal ini juga secara tidak langsung mendorong tersedianya sumber pangan sehat dan juga pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Aplikasi ini dibuat pada bidang 1920×1080 pixels, yang merupakan ukuran xxhdpi untuk ukuran sebuah smartphone sehingga gambar lebih besar dan enak dilihat. Splash screen aplikasi menggunakan penggalan gambar yang menunjukan kedekatan antara kota dan desa, yang menjadikannya jarak bukan jadi masalah lagi dalam pertukaran informasi secara cepat.

Berikut adalah beberapa tampilan isi aplikasi yang dibuat.

mel-1

Sementara untuk mendukung promosi aplikasi maka dibuatlah beberapa item pendukung seperti website, Facebook fanpage, packaging bibit, flyer, gantungan kunci, kaos, tote bag dan x-banner.

mel-2

mel-3

SIMPULAN DAN SARAN

Kehidupan seseorang dengan berbagai profesi pada zaman modern ini tidak lepas dari gadget, tidak menutup juga seorang praktisi perkebunan ataupun pertanian. Desain sekarang ini juga menjadi sebuah kekuatan tersendiri untuk menambah nilai suatu produk dan menyelesaikan suatu permasalahan, dalam hal ini adalah aplikasi.

Aplikasi mobile merupakan sebuah media yang sedang gencar pembuatannya sekarang ini dan memiliki beragam fungsi yang memudahkan interaksi dengan orang lainnya. Demikian juga aplikasi mobile Insantani juga diharapkan dapat membantu mereka yang mempunyai lahan pertanian atau perkebunan dan mereka yang mempunyai minat atau hobi dalam bercocok tanam dalam pendataan harian dengan cara yang langsung dan mudah.

Untuk saran, Dalam mendesain sebuah aplikasi mobile, penggunaan dasar desain seperti color, layout dan grid sangat penting. Warna mempengaruhi mood dari aplikasi, layout dan grid berpengaruh dalam peletakan tombol dan tampilan lainnya, dan ketiganya perlu pertimbangan lebih karena ukuran resolusi smartphone yang beragam dan tentunya berdampak pada ketiga unsur desain tersebut. Disamping hal tersebut, penulis juga menyadari bahwa dialog maupun diskusi dengan pembimbing, praktisi, dan orang-orang yang telah berpengalaman dalam aplikasi dan desain sangat diperlukan untuk membuka wawasan lebih dan membuka pemikiran-pemikiran baru karena aplikasi bukan hanya dilihat dari desain saja, tapi termasuk perilaku dan kebiasaan seseorang yang diharapkan akan memakainya. Akhir kata, diharapkan bagi pembaca yang tertarik dalam pembuatan desain aplikasi mobile mau membuka pikiran dan mencari informasi lebih tentang behavior dan trend aplikasi terkini.


Published at :
Written By
Melisa
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close