People Innovation Excellence

TUGAS AKHIR: PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI BUKU TENTANG TERRARIUM

dessy-vania-1

ABSTRAK

            Tujuan penelitian adalah untuk mendesign publikasi dengan Terrarium sebagai topik agar masalah komunikasi dan visual dapat terselesaikan, dan juga agar topik tersebut dapat dikenal oleh banyak orang. Dengan menggunakan generasi muda menjelang dewasa sebagai target utama, desainnya dibuat menarik secara visual dengan rasa artistik dan mistis yang dimiliki oleh Terrarium sebagai pusatnya, dikarenakan Terrarium itu sendiri terlihat seperti taman mini fantasi di dalam wadah kaca. Diolah secara digital dengan sentuhan cat air akan mengempasiskan informasi yang akan disampaikan untuk menunjukkan apa peran ilustrasi dalam publikasi. Hasil perancangan menunjukkan bagaimana mencapai solusi dimana publikasi tersebut tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara visual untuk memperkenalkan dan memandu orang banyak terhadap terrarium dengan unik dan menyenangkan.

Kata kunci : publikasi, ilustrasi, merancang buku panduan, Terrarium

dessy-vania-2

Penjelasan singkat:

Terarium, atau dalam bahasa inggris ditulis Terrarium, adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang dapat digunakan untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi. Terarium juga merupakan biosfer buatan yang paling alami karena fungsi biologis yang terjadi di dalam terarium menyerupai yang terjadi di alam. Terarium memiliki nilai artistik tersendiri dalam wadah kaca, karena miniatur ekosistem gurun, hutan hujan, tropis dan lainnya hanya mungkin dibuat di dalam terarium. Pembuatan dan perawatan terarium sangat mudah dan praktis sehingga tidak hanya orang dewasa saja, tapi anak-anak dan remaja pun dapat melakukannya. Akan tetapi, banyak orang yang belum mengatahui atau familiar dengan terarium, sehingga mereka tidak sadar dengan adanya metode bercocok tanam yang bisa mereka lakukan tanpa harus memiliki lahan yang besar di perkotaan. Buku ini berisi tentang panduan dan pengenalan mengenai terrarium, mulai dari jenisnya, fungsinya, pembuatannya, perawatannya juga tips-tips yang dapat berguna seputar terrarium.

dessy-vania-3


Published at :
Written By
Dessy Vania Lovina
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close