TUGAS AKHIR : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PERMAINAN BOARD GAME MENGENAI SATWA LANGKA INDONESIA

Abstrak

TUJUAN PERANCANGAN ialah membuat sebuah papan permainan mengenai satwa langka Indonesia yang melakukan pembahasan tentang upaya penyelamatan mereka, agar dapat mengedukasi dan memperluas wawasan remaja. METODE PENELITIAN yang dilakukan adalah dengan cara wawancara langsung dengan narasumber terkait, penyebaran kuesioner melalui media sosial serta artikel dan website lainnya dari media internet. HASIL YANG DICAPAI adalah terbentuknya sebuah perancangan permainan borad game mengenai upaya penyelamatan 6 satwa langka Indonesia berupa papan permainan, kartu-kartu permainan dan media pendukung lainnya yang disajikan dengan teknik ilustrasi cat air sebagai gaya visual. SIMPULAN dari perancangan ini memberikan sebuah sarana edukasi sekaligus hiburan bagi para remaja yang melakukan pembahasan mengenai upaya penyelamatan satwa langka Indonesia.

Kata kunci     :           Permainan, edukatif, hiburan

Deskripsi Proyek

Safari Ranger adalah sebuah permainan board game yang mengangkat tema upaya penyelamatan satwa langka Indonesia. Setiap satwa memiliki peran ekologis masing-masing yang membantu menyempurnakan sebuah ekosistem. Ada spesies yang memiliki peran penting dalam rantai makanan, adapula yang memiliki kontribusi dalam menjaga stablilitas ekosistem dan regenerasi habitat. Ketika satu spesies mengalami kepunahan, maka suatu ekosistem akan menjadi tidak seimbang. Maka dari itu informasi mengenai upaya-upaya penyelamatan satwa langka Indonesia penting untuk diperhatikan. Melalui media permainan board game ini, informasi yang dimiliki anak-anak akan bertambah dan memperluas wawasan mereka dengan cara yang mengasyikan karena keterlibatan bermain dalam pembelajaran. Aktivitas bermain memiliki beberapa manfaat seperti media pemicu kreativitas, menghadirkan kegembiraan secara emosional, melatih kepekaan, merangsang imajinasi serta membantu anak dalam pengembangan psikologis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi. Diharapkan dengan pembuatan proyek ini, penulis dapat membantu memberikan sebuah sarana edukatif mengenai satwa langka di Indonesia yang efektif dimana adanya keterlibatan permainan dalam pembelajaran sehingga dapat mengundang ketertarikan anak-anak.

leni-1

leni-2

leni-3

leni-4

LENNY