People Innovation Excellence

PERANCANGAN VISUAL PUBLIKASI BUKU PENGENALAN LUCID DREAM

giovanni-1

ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain publikasi serta untuk memberikan informasi pengenalan dan pemahaman mengenai Lucid Dream yang istilahnya masih asing di Indonesia. Metode Perancangan dilakukan dengan menyebar kuisioner online, melakukan wawancara, survei di toko buku dan mencari sumber informasi melalui buku dan internet. Hasil analisis data telah membantu mengidentifikasikan masalah yang dialami masyarakat terkait dengan lucid dream. Perancangan desain visual disesuaikan dengan image dari lucid dream. Hasil yang dicapai adalah implementasi dari big idea dan tone and manner telah mendukung tujuan dibuatnya publikasi buku lucid dream. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian adalah masyarakat perlu paham terbuka dan objektif terhadap hal baru yang masih asing di dalam negeri untuk dapat mengambil manfaatnya dan perlunya peran visual dalam publikasi buku untuk dapat menyampaikan informasi lebih baik. 

Kata kunci: Mimpi, Menjelajah, Surrealis, Magical, Misterius.

giovanni-2

giovanni-3

Lucid Dream adalah kondisi di mana seseorang menyadari bahwa dirinya sedang bermimpi. Umumnya kesadaraan saat sedang bermimpi terpicu secara tidak sengaja karena melihat keanehan dalam mimpi. Akan tetapi sebetulnya kondisi lucid atau sadar saat sedang bermimpi dapat dilatih sehingga seseorang dapat mengeksplor dunia mimpi lebih luas, mengingat kejadian yang terjadi di alam mimpi lebih detail dan sadar, serta dapat memanipulasi lingkungan dalam mimpi tersebut sampai batasan tertentu. Selain untuk entertainment,  lucid dream juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang di dunia nyata, misalnya mendapatkan inspirasi, melatih problem solving, meningkatkan kreativitas, meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri hingga dapat membantu untuk menyelesaikan trauma, mimpi buruk dan mengintegrasi berbagai aspek dalam diri.

Namun meski sudah terbukti secara ilmiah bahwa lucid dream memiliki banyak manfaat, di Indonesia sendiri istilah lucid dream masih terdengar asing dan jarang diketahui oleh masyarakat. Publikasi buku pengenalan lucid dream bertujuan untuk memberikan informasi pengenalan (sejarah, manfaat, cara kerja, teknik untuk lucid dream) dan memberikan pemahaman mengenai lucid dream kepada masyarakat lewat tampilan visual yang menarik sehingga masyarakat tidak khawatir dan tertarik untuk mendalami lucid dream.

giovanni-4

giovanni-5


Published at :
Written By
Giovani
Student | SoD-New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close