People Innovation Excellence

Tugas Akhir : “Tradisi Tahunan Tionghoa Konghucu Bangka”

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang buku publikasi mengenai Tradisi umat Konghucu yang ada di pulau Bangka. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif yang menyasar kepada kalangan usia remaja sampai dengan dewasa. Perancangan menggunakan strategi visual mengadaptasi fotografi jurnalistik dan dengan design layout yang informative agar masyarakat terbawa dalam suasana perayaan. Yang kemudian akan diaplikasikan ke buku dengan judul “TRADISI TAHUNAN TIONGHOA KONGHUCU BANGKA” beserta dengan media yang akan mendukung buku tersebut, dengan menggunakan BIG IDEA, Tone & Manner yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil perancangan dengan menggunakan implementasi fotografi jurnalistik yang membawa masyarakat merasakan suasana dari perayaan tradisi tersebut.(I)

Cover Buku

indra-1

Desain Cover dibuat simple engan banyak ruang kosong. Dengan menggunakan warna merah dengan background ukiran China dengan opacity

Layout Design

indra-2

Halaman isi menggunakan grid modular 5×6. Desain juga dibuat simple, karena terinspirasi dari lukisan China yang memanfaatkan white Space, white space disini bertujuan untuk menonjolkan foto yang mencerminkan spirit perayaan tradisi tersebut.

Implementasi Design

indra-3

indra-4

Berikut merupakan beberapa implementasi media dari proyek publikasi buku “Tradisi Tahunan Tionghoa Konghucu Bangka”.

Diimplementaasikan ke dalam bentuk media pendukung seperti x- banner, pembatas buku, poster, pin, totebag, social media, kalender, postcard dan lainnya.


Published at :
Written By
Indra Pramana
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close