People Innovation Excellence

Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI BUKU ILUSTRASI PENGETAHUAN PSIKOLOGI KEPRIBADIAN INTROVERT, EXTROVERT, DAN AMBIVERT

ABSTRAK

Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mempelajari studi yang menghasilkan perancangan komunikasi visual publikasi tentang kurangnya pemahaman secara mendalam akan psikologi tipe kepribadian Introvert, Extrovert, dan Ambivert, yang dapat berujung pada munculnya stereotip akan tipe kepribadian tertentu di masyarakat. Dengan metode perancangan yang ringan dan edukatif, penulis bertujuan untuk menyentuh sisi edukatif namun tetap menghibur bagi para pembaca. Ide utama dari publikasi ini adalah “Kenali Dirimu Lebih Baik!”. Hasil perancangan diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi masyarakat Indonesia dan memberikan informasi tentang psikologi tipe kepribadian serta mengubah persepsi akan stereotip yang ada.

Kata Kunci : publikasi, psikologi, tipe kepribadian, stereotip.

jess

Banner promosi

jess2

Cover Buku

Dalam beberapa hal, manusia memiliki sifat yang sama. Manusia adalah makhluk hidup yang sangat kompleks, masing-masing memiliki human nature yang sama. Masing-masing dari kita memiliki rasa kemanusiaan. Manusia mempunyai tubuh, pikiran, dan perasaan. Lantas, apa yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya? Jawabannya adalah tipe kepribadian yang dimiliki tiap manusia.

Buku ini adalah buku yang menjelaskan tentang tipe kepribadian Introvert, Extrovert, dan Ambivert. Cover buku dibuat hardcover dengan tampilan full ilustrasi dan penuh dengan warna agar menimbulkan kesan eye-catching.

Setiap pengalaman dari tiap orang tidak berfungsi sama. Carl Jung menelaah tiap kepribadian yang mungkin terdapat pada diri setiap manusia, yang sangat bervariasi jumlahnya. Namun, terdapat dua tipe perilaku yang paling besar yaitu extraversion dan introversion. Tipe kepribadian extraversion-introversion ini adalah pusat dimensi dari teori kepribadian  yang terdapat dalam diri manusia. Kedua istilah ini dipopulerkan oleh Carl Jung sendiri. Extraversion memanifestasikan perilaku suka berbicara, penuh enerji, dan aktif, dimana introversion memanifestasikan perilaku yang lebih kalem atau sederhana dan menyendiri.

jess3

Buku ini merupakan coffee-table book yang isinya ringan dan tidak berat, namun karena memiliki tema psikologi, buku ini tetap memiliki sisi edukatif. Layout yang digunakan adalah circus layout, yang membuat layout menjadi tidak membosankan dan terkesan ceria. Layout yang digunakan adalah Circus Layout. Circus Layout adalah layout yang disusun secara non-formal sehingga memberikan mood yang meriah (festive) untuk para pembaca. Visual ilustrasi ditampilkan dalam ukuran yang berbeda dan tidak tentu. Visual produk sengaja disebar secara acak sehingga pembaca akan mencari keempat sudut yang membuat layout menjadi lebih efektif dan menarik.

Gaya ilustrasi yang digunakan dalam buku ini adalah gaya novel grafis yang realis namun tetap bersifat kartun, dengan garis-garis yang tidak terlalu tebal sehingga tidak mencolok mata.

Secara keseluruhan buku ilustrasi pengetahuan psikologi tipe kepribadian ini dibuat dengan desain mood yang warm dan fun, memakai warna-warna yang yellowish atau kekuningan sehingga menimbulkan efek nostalgia, sehingga pembaca lebih terbawa ke dalam cerita yang disampaikan dan menimbulkan kehangatan secara emosional.

Gaya bahasa pada buku ini yang sederhana dan tidak begitu formal menjadikan gaya bahasa pada buku ini lebih friendly, mudah dimengerti namun tetap informatif.

jess4

jess5


Published at :
Written By
Jesslyn Hosena
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close