Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL JAKARTA ART AND CULTURE MAP

Map Cover

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah merancang sebuah peta yang merangkum lokasi-lokasi seni dan budaya yang ada di Jakarta dalam bentuk komunikasi visual yang baik. Baik dalam konteks desain memiliki arti mampu menjadi solusi bagi masalah yang relevan, menyampaikan pesan dengan jelas serta mampu menggugah minat pembaca. Berdasarkan hasil riset penulis, strategi kreatif yang dilakukan proyek ini menjadikan wisatawan dewasa muda sebagai sasaran utamanya. Perancangan visual disesuaikan dengan kebutuhan desain yang memiliki banyak informasi dalam ruang yang sedikit, sehingga desain harus informatif dan sederhana agar praktis dalam pemakaiannya. Hasil perancangan menunjukkan kesesuaian antara identitas visual, visi, misi serta nilai guna proyek dalam praktiknya sehari-hari. (RBA)

Kata kunci: promosi, peta, wisata alternatif, Jakarta, seni dan budaya.

Map Inside

DESKRIPSI KARYA

Merupakan sebuah peta wisata alternatif jakarta yang didesain sedemikian rupa demi menjawab kebutuhan serta preferensi berwisata yang bermacam-macam. Dibawah nama besar “Altmap” (Alternative Map), Jakarta Art and Culture Map hadir sebagai salah satu rangkaian seri peta alternatif yang digarap hingga tuntas sebagai bentuk perwujudan atas maraknya gerakan seni budaya di Jakarta yang kurang mendapat perhatian publik.

Selain peta fisik, proyek ini juga dilengkapi dengan media-media komplementer seperti peta digital, aplikasi smartphone, cinderamata seperti buku tulis dan kartu pos serta lahan iklan alternatif berupa alat bantu pengukur jarak.

Map Outside

Map Series

Notebook Covers

Notebook Spread

Pengukur Jarak

Postcards

Ratta Bill Abaggi