Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PUBLIKASI TRADITIONAL TABLE DESSERT

NPP_Buku

ABSTRACT

The purpose of the research is to design visual communication publication entitled Traditional Dessert Table to uplifting the young society to preserve the culinary culture of Indonesia through the use of traditional cakes as a feature on modern events. A  method of Designing creative strategy, which uses menyasar to young adults as a target market. The design of a visual strategy and adapted to the modern design but still shows the traditional impression of itself. Data analysis of literature in the form of electronic data as well as non-electronic. A survey in order to poll through the dissemination of the questionnaire to the general scope of Jakarta. The results obtained show a complete package between the way of presentation and the making of traditional cakes itself that is presented in a unique and interesting. Summary the existence of Traditional publication Table Dessert, are expected to improve the image ofthe traditional cakes, this book serves also broaden, as well as inspiring to readers in terms of Setup and also the taste. (N.P.P)

Keywords : Publications, traditional snack, table dessert, modern event

NPP_Buku-preview

ABSTRAK

Tujuan Penelitian adalah merancang komunikasi visual publikasi berjudul Traditional Table Dessert agar mampu membangkitkan semangat masyarakat muda untuk melestarikan budaya kuliner Indonesia lewat penggunaan kue tradisional sebagai suguhan pada acara-acara modern. Metode Perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar kepada dewasa muda sebagai sasaran pasar yang utama. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual dan desain yang modern namun tetap menunjukkan kesan tradisional itu sendiri. Analisis data literature berupa data elektronik maupun non-elektronik. Survey dalam rangka jajak pendapat melalui penyebaran kuisioner kepada masyarakat ruang lingkup Jakarta. Hasil yang dicapai menunjukkan sebuah paket lengkap antara cara penyajian dan pembuatan dari kue tradisionalitu sendiri yang disuguhkan secara unik dan menarik. Simpulan dengan adanya publikasi Traditional Table Dessert, diharapkan mampu meningkatkan citra kue tradisional, buku ini juga berfungsi memperluas wawasan, serta memberi inspirasi bagi pembaca dari segi penataan dan juga rasa. (N.P.P)

Kata Kunci : Publikasi, kue tradisional, table dessert, acara modern

NPP_Postcard

PENJELASAN KARYA

Kue tradisional nusantara adalah makanan ringan yang berasal dari berbagai daerah dan pulau di seluruh Indonesia, yang dibuat dengan bahan-bahan dasar yang dihasilkan dari bumi pertiwi, sehingga cita rasa yang dihasilkan pun akrab dengan selera lidah masyarakat Indonesia sendiri. Kue tradisional nusantara juga dikenal dengan jajanan pasar, karena seringkali dapat kita temukan di pasar. Namun, jangan abaikan pula fakta bahwa kue-kue tradisional senantiasa didaulat sebagai sajian wajib dan bergengsi untuk acara perhelatan kenegaraan, korporat dan keluarga, baik yang sederhana maupun yang mewah. Penyajian atau penataan makanan dalam sebuah acara merupakan sesuatu yang penting tetapi seringkali kita lewatkan. Hal ini sebetulnya menjadi faktor penarik perhatian dan factor penggugah selera untuk makan. Cara menyajikan dan peralatan yang digunakan dalam menghidangkan makanan ikut berpengaruh pada penerimaan makanan tersebut. Pentingnya penataan kue tradisional untuk acara ini melahirkan buku Traditional Table Dessert. Secara keseluruhan buku Traditional Table Dessert ini menyajikan tiga tema penataan lengkap dengan resep kue pilihan serta cara penataannya. Untuk memudahkan pengguna, buku ini dilengkapi juga dengan informasi mengenai peralatan yang digunakan untuk menata kue, dan juga tempelate hiasan siap pakai. Dengan konsep ini, penulis yakin minat terhadap kue-kue Indonesia, warisan budaya makan bangsa akan tetap berlanjut.

NPP_Poster

NPP_Totebag

NPP_Xbanner

Nidya Prima Putri