Tugas Akhir : PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL “BRILLER BAGS”

Processed with VSCO with hb2 preset
Processed with VSCO with hb2 preset

Abstract

The purpose of this research is to redesign the visual identity of Briller Bags (Wicker Bag), so that is has a stronger concept and identity since there is a huge opportunity to do so and to increase public interest in local product. Moreover, with its unique designing, this research will elevate the image of domestic products, for it to compete with other international. The planning method used is creative strategy, targeting teenager to young adult. The planning is combined with visual strategy and design that blends traditional, nature and feminine feels but also modern. All of the above is applied to this brand guideline, that was arranged with branding principle and new “Briller Bags” idea, concept and with a new visual approach. (DA)

Keywords: brand identity, re-design brand, visual identity, traditional product, Indonesia, tas anyaman, handcraft, decoupage 

mockup

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah  untuk merancang ulang identitas visual dari Tas Anyaman Briller Bags agar memiliki konsep dan identitas yang lebih kuat karena terdapat peluang yang cukup besar di dalamnya. Selain itu juga untuk menaikkan citra produk dalam negeri, agar tetap bisa bersaing dengan produk luar negeri, dengan desain yang menarik. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang memiliki target market utama yaitu remaja, hingga dewasa muda sebagai sasaran pasar yang baru. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual dan desain yang menggabungkan kesan tradisional, alam, elegan, feminim namun tetap modern. Semuanya diaplikasikan kedalam buku panduan brand, yang disesuaikan dengan prinsip brandin, big idea “Briller Bags” dan pendekeatan visual yang baru . (DA)

Kata kunci: identitas merek, merancang ulang merek, identitas visual, produk Indonesia, tas anyaman, kerajinan tangan, decoupage.

Processed with VSCO with se3 preset
Processed with VSCO with se3 preset

PENJELASAN SINGKAT KARYA

Perancangan ulang identitas visual dan brand guidelines Briller Bags ini bermaksud untuk dapat memperlihatkan identitas dan karakter dari brand Briller Bags yang diharapkan berguna untuk menaikkan citra dari brand dan menarik minat masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri yang kental dengan unsur budaya dengan pendekatan visual yang menarik dan sesuai dengan selera target sasaran yaitu khalayak muda.

Processed with VSCO with hb2 preset
Processed with VSCO with hb2 preset
Processed with VSCO with hb2 preset
Processed with VSCO with hb2 preset
Dita Anastasya