Tugas Akhir : PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL BUKU EDUKASI MOTORCYCYLE CUSTOM CULTURE “MONO”

IMG_9004

ABSTRACT

Motorcycle Custom culture is a culture that comes from the United States, which in this era have adapted to the local culture even to necessarily be a part of the habits of the people in the capital, starting from the interest and even hobbies, cultural adaptation of the customs of America be a livelihood that has many positive influences in Indonesia. Many urban people who have a different view of this culture, from positive to negative. This study uses qualitative descriptive and data obtained from interviews with Thrive Motorcycle and related parties as informants and participant observation in the field of Custom Culture. The final result of this research is the design of a book that would educate the public urban culture. (BY)

Keyword: Motorcycle Custom Culture, Coffee Table Book, Photography

IMG_9002

ABSTRAK

Motorcycle Custom culture adalah sebuah kebudayaan yang berasal dari Negara Amerika Serikat, yang pada era ini telah beradaptasi dengan kebudayaan lokal bahkan dengan serta merta menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat di ibu kota, berawal dari ketertarikan bahkan hobi, budaya yang di adaptasi dari kebiasaan orang Amerika ini dijadikan mata pencaharian yang banyak memiliki pengaruh positif di Indonesia. Banyak masyarakat urban yang memiliki pandangan berbeda dalam kebudayaan ini, dari positif hingga negatif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan data diperoleh dari hasil wawancara dengan Thrive Motorcycle dan pihak-pihak terkait sebagai informan dan juga observasi partisipan di bidang Custom Culture. Hasil akhir penelitian ini adalah rancangan sebuah buku yang mengedukasi masyarakat urban .(BY)

Kata Kunci: Motorcycle Custom Culture, Coffee Table Book, Photography

IMG_9012

                                                PENJELASAN KARYA

MONO

Sebuah media publikasi yang mengadaptasi konsep Coffee table book. Memiliki alur cerita bagaimana perkembangan Motorcycle custom culture di Indonesia. Melalui Moment capturing dari Thrive Motorcyle yang menjelaskan bagaimana Custom culture ini sudah menjamur di Indonesia Dengan mengutamakan fotografi Black and White. Memanfaatkan keunggulan dari teknik fotografi ini  buku MONO menampilan kesan simple. Dengan memperbanyak Negative space nya. Serta dengan layout yang konsisten dapat memperlihatkan atmosfir dramatis dari buku ini.

IMG_8901

IMG_8915

Baskoro Yunanto