People Innovation Excellence

Tugas Komputer Grafis I : Tracing Sepatu

ekaristi

Konsep

Ide dasar dari pembuatan karya ini adalah untuk menghasilkan suatu gambar sepatu serealistis mungkin. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, saya harus mencari sepatu yang menarik untuk digambar dan sesuai dengan brief yang diberikan. Bentuk sepatu memengaruhi efek bayangan dan kontur yang dihasilkan. Semua sepatu sepertinya terlihat sama saja bentuknya, tapi desain pada sepatu pasti berbeda-beda. Perbedaan desain tersebutlah yang membuat kontur tiap sepatu terlihat unik, apalagi jika desainnya bertekstur atau berdimensi. Tidak hanya menarik, sepatu tersebut juga harus mengikuti brief yang diberikan, yaitu harus bertali dan warnanya tidak terlalu gelap. Jika warna sepatu gelap, akan sulit untuk memperoleh bayangan karena akan terlihat menyatu dengan kontur sepatu.

Sejarah Pengerjaan

Untuk mengerjakan karya ini, pertama-tama saya harus memilih sepatu. Saya memilih dua pasang sepatu dengan desain yang berbeda. Setelah itu, saya mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan angle dan lighting yang bervariasi. Dari sekian banyak foto, saya memilih satu yang menarik untuk di-trace. Karena saya tidak punya sepatu berwarna terang, saya memilih foto dengan angle dan lighting yang paling jelas bayangannya.

Setelah mendapatkan foto yang saya inginkan, saya mulai tracing gambar menggunakan software Adobe Illustrator. Langkah pertama, saya meng-import file foto ke AI, lalu mulai mengerjakan dari outline body sepatu di layer yang berbeda. Setelah seluruh outline dibuat, saya mengisi warna dimulai dengan bagian di posisi paling belakang.

Kemudian, setelah puas dengan pewarnaan, saya beralih ke bayangan. Cukup sulit untuk membuat bayangan karena warna sepatu yang saya trace cenderung gelap. Setelah itu saya beralih mengerjakan bagian tali sepatu beserta bayangannya.

Kesulitan

Sebelum memulai proses menggambar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis sepatu yang ingin digambar. Ini memberi kesulitan tersendiri. Memilih sepatu yang memiliki ciri khas sehingga mudah dikenali, memilih detail yang baik namun tidak berlebihan. Warnanya juga harus terang sehingga bayangan yang dihasilkan lebih jelas terlihat dan mudah untuk di-trace. Sayangnya saya tidak memiliki sepatuyang benar-benar berwarna terang. Jadi saya hanya mengambil sepatu yang paling terang dari antara sepatu yang saya miliki. Untuk sepatu yang saya pilih, memiliki warna gradient yang cukup menantang dalam proses penggambarannya. Saya juga menambahkan efek bayangan serealistis mungkin untuk memberi kedalaman.

Waktu menjadi tantangan utama dalam mengerjakan segala sesuatu. Saya pun tak luput dari masalah ini. Sebernarnya jika diberikan waktu dua minggu untuk mengerjakan karya ini, saya rasa tidak akan ada kesulitan. Namun banyak karya lain yang juga jatuh tempo pada waktu yang bersamaan dengan pengumpulan karya ini. Melalui tugas ini saya sadar bahwa time management saya masih sangat kurang karena bekerja dalam sistem kebut semalam.

Bukan hanya itu, salah satu kesulitan terbesar adalah ketika komputer saya crash di tengah-tengah pengerjaan. Saya sudah terbiasa untuk menyimpan data saya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi ketika itu, software yang saya gunakan tiba-tiba mati dan saat saya ingin membuka ulang, file tersebut sudah tidak bisa dibuka kembali. Untungnya saya mempunyai file cadangan. Setiap beberapa saat, saya menyimpan data saya dengan nama yang berbeda, jadi jika file aslinya corrupted, saya bisa menggunakan file cadangan. Namun tentunya dengan file cadangan pun saya tetap harus mengulang beberapa langkah, tapi itu lebih baik daripada harus mengulang dari nol.

Kesulitan yang lainnya adalah godaan. Godaan untuk tidur, main, nonton, dan lain sebagainya. Karena sudah lelah dan mata pun terasa berat, sulit rasanya untuk melanjutkan pekerjaan. Selain itu dengan adanya internet, saya makin kesulitan untuk bekerja mengingat drama Korea yang saya tunggu-tunggu sedang tayang dengan episode baru. Pada akhirnya saya bekerja sambil nonton drama. Walaupun sebenarnya perbandingannya adalah 95% nonton dan 5% kerja. Untunglah pada akhirnya karya ini selesai dan layak untuk dikumpulkan.

Hasil Akhir dan Tanggapan

Setelah bekerja selama kurang dari dua hari, akhirnya gambar sepatu ini selesai. Saya cukup puas namun menurut saya masih banyak kekurangan dari karya ini. Kekurangan dari sepatu ini terletak pada pewarnaan. Gradasi pada sepatu cenderung gelap sehingga bayangan sulit terlihat. Akibatnya, hasilnya tampak flat dan tidak memiliki dimensi. Tapi saya cukup puas dengan bagian detail lainnya, seperti tali sepatu, logo, dan efek bayangan pada lantai.

Menurut saya gambar sepatu ini cukup baik namun tidak terlalu realistis. Banyak detail yang saya tinggalkan dan tekstur sepatu yang agak sulit untuk ditiru. Pada foto aslinya, sepatu ini seharusnya punya permukaan yang kasar dan ada sedikit warna putih pada bagian gradasi warnanya.

Secara keseluruhan saya puas dengan karya ini dan menikmati proses pengerjaannya. Hanya saja ada beberapa detail yang ditinggalkan karena keterbatasan waktu dan kurangnya time management.


Published at :
Written By
Ekaristi Chandra
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close