Tugas Akhir : PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUALPUBLIKASI BUKU: “SUDAH TAUKAH KAMU CARA MEMELIHARA SI “MEONG?””

Abstrak

Penelitian menggambarkan perancangan buku pengetahuan tentang cara merawat dan memelihara kucing yang berjudul “Sudah Taukah Kamu Cara Memelihara Si “MEONG?” yang dibuat dengan ilustrasi-ilustrasi kucing serta gimmick dari kucing itu sendiri. Konsep buku ini manusia sebagai pemelihara kucing tidak digambarkan karakter seutuhnya, namun hanya mewakili beberapa bagian tubuhnya seperti animasi Tom and Jerry. Disuguhkan dengan ilustrasi menarik dan warna-warna yang fun dan mencolok seperti dalam animasi Cartoon Network. Dibuat dengan ilustrasi agar menarik perhatian pembaca dan pembaca dapat membuat imajinasinya sendiri dengan kucing peliharaannya.

fitria1

Sebuah desain publikasi buku yang berjudul “Sudah Taukah Kamu Cara Memelihara Si “MEONG?”” adalah buku yang berisikan cara memelihara dan merawat kucing Di buku ini kata kucing dipresentasikan dengan kata “MEONG”. Dimana kata “MEONG” merupakan kata-kata yang terkadang disebutkan bagi beberapa orang menjadi nama panggilan untuk kucing dan kata “MEONG” bukan menjadi kata asing lagi untuk orang-orang di Indonesia.

Gambar diatas adalah desain untuk cover buku ini, dalam desain ini di munculkan gambar tangan dan kaki manusia yang bertujuan untuk mengangkat konsep dari buku ini yaitu tidak memunculkan karakter manusia seutuhnya sebagai pemelihara kucing, tetapi hanya beberapa bagian tubuh saja seperti tangan dan kaki. Konsep ini diangkat seperti animasi Tom and Jerry. Selain karakter dimunculkannya gimmick kucing yang dimana bertujuan untuk mewakili isi dari desain buku ini. Warna kuning yang dipakai dalam cover ini  untuk menggabarkan suasana yang fun dan cerah

fitria2

Gambar diatas merupakan Chapter Opener, digunakan di setiap awal bab sebelum masuk ke subbab maupun ke isi. Ilustrasi pada Chapter Opener mengikuti jenis kebiasaan-kebiasaan yang akan dipaparkan di halaman selanjutnya.

fitria3

Berikut salah satu isi pembahasan dalam buku ini dimana suatu konten disuguhkan dengan illustrasi agar pembaca dapat lebih tertarik dalam membaca dan mengerti suatu content.

fitria4

Gambar diatas adalah salah satu pembahasan yang berhubungan tutorial sederhana membuat cakaran kucing, tujuan dibuatnya tutorial ini agar buku ini menjadi lebih menarik dengan memunculkan informasi yang mungkin belum diketahui pembaca.

fitria5

Selain tutorial ada juga informasi sampingan yang ada di setiap bab pada bagian akhir, tujuannya adalah memberikan informasi tambahan seperti tentang fisik atau psikis di kucing. Informasi ini di munculkan bagi pembaca yang belum pernah mengertahui informasi tersebut.

FITRIA NUR ANDINI RAHMI