People Innovation Excellence

Tugas Akhir : PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MAKHLUK MISTIK DALAM KEPERCAYAAN KEJAWEN

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah membuat sebuah buku ilustrasi tentang wujud makhluk mistik dalam kepercayaan Kejawen. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar usia remaja hingga dewasa muda sebagai sasaran pasar utama. Perancangan karakter disesuaikan berdasarkan sebuah buku berjudul Dunia Mistik Orang Jawa : Roh, Ritual, Benda Magis (2007) oleh Capt. R. P. Suyono dengan strategi visual dan desain yang mengadaptasi gaya ilustrasi line art dan pointilis. Sehingga dapat merepresentasikan big idea “Makhluk Mistik Bernuansa Etnik”. Hasil perancangan menunjukan kesesuaian dengan big idea, visi, dan misi sehingga dapat menyampaikan kesan mistik namun tetap menarik.

Kata Kunci :buku ilustrasi, etnik, kejawen, makhluk mistik, folklore

Deskripsi Tugas Akhir

Membuat buku ilustrasi tentang makhluk mistik dalam kepercayaan Kejawen. Buku ini berisi penggambaran dari makhluk mistik yang berdasarkan dari kebudayaan dan kepercayaan Kejawen yang ditulis dalam buku berjudul Dunia Mistik Orang Jawa : Roh, Ritual, Benda Magis (2007) oleh Capt. R. P. Suyono. Buku ini merupakan saduran dari buku tua yang amat langka berbahasa belanda berjudul De Javaansche Geestenwereld : De Geschiedenis der Godsdiensten op Java (1920) oleh H. A. Van Hien. Makhluk mistik yang akan dibuat berdasarkan dari tulisan Capt. R. P. Suyono.

Lingkup Proyek Tugas Akhir

Berdasarkan pembahasan diatas, dengan ilmu Desain Komunikasi Visual yang ada akan dirancang sebuah buku ilustrasi tentang makhluk mistik yang berada dalam keyakinan Kejawen untuk dapat memberi informasi serta gambaran tentang makhluk asli dari Indonesia, suku Jawa khususnya.

Sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih memperhatikan tentang budaya sendiri yang tidak kalah beragam dan menarik dibandingkan dengan makhluk mistik dari budaya asing.

Strategi Visual

Perancangan buku Makhluk Mistik Dalam Kepercayaan Kejawen akan menggunakan ilustrasi dengan gaya surealis. Tehnik yang digunakan dengan cara gambar manual menggunakan drawing pen diatas kertas A3 yang kemudian melalui proses scan untuk dimasukan kedalam layout buku dikomputer untuk proses finishing. Dominasi warna yang digunakan adalah hitam, putih dan coklat dengan background bergaya papirus untuk mendapatkan nuansa etnik.

Tehnik Ilustrasi

Tehnik yang digunakan dengan cara gambar manual menggunakan teknik line art diatas kertas A3 yang kemudian melalui proses scan untuk dimasukan kedalam layout buku dikomputer untuk proses finishing.

Gaya Ilustrasi

Menggunakan ilustrasi dengan gaya surealis hitam putih dengan teknik pointilis dan arsir garis atau line art untuk menumbulkan nuansa etnik.

fabio-1

Perlengkapan display pada pra sidang visual

Proses Pembuatan Ilustrasi Makhluk Secara Manual

fabio-2

Desain Sampul Buku Depan dan Belakang

fabio-3

Desain sampul belakang                                 Desain sampul depan

Desain Halaman Konten Makhluk

fabio-4

 


Published at :
Written By
FABIO APRIANTONO
Student | SoD - New Media
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close