Tugas Akhir : PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL SAINT NICHOLAS SCHOOL

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang ulang identitas visual Sekolah Saint Nicholas sehingga mampu menjadi brand yang sesuai jati dirinya. Metode perancangan menggunakan strategi kreatif, yang menyasar balita hingga remaja sebagai sasaran pasar yang baru dan utama. Perancangan disesuaikan dengan strategi visual dan desain yang mengadaptasi gaya minimalis dan natural sebagai representasi visual dari Saint Nicholas School. Semuanya diaplikasikan pada brand manual sebagaimana dimuat dalam sebuah brand guideline, yang sesuai dengan prinsip branding dan big idea yang baru. Hasil perancangan menunjukkan kesesuaian antara nilai, visi, misi, dan kepribadian dengan identitas visual yang baru dan unik namun tetap fleksibel.

FOTO PROYEK:

deborah1

Logo lama Saint Nicholas School

deborah2

Logo baru Saint Nicholas School

Logo ini memperkenalkan unsur-unsur identitas brand Saint Nicholas School yang baru. Penulis berharap bahwa logo baru ini akan menginspirasi semua orang untuk menjadi nyaman dan percaya diri dalam menggunakan identitas baru.

Tujuannya adalah untuk membedakan semua komunikasi Saint Nicholas Sekolah dengan integritas yang sama dan style langsung dikenali. Dengan penggunaan yang konsisten dan benar pada identitas baru ini, saya berharap bahwa brand ini akan terus maju. Simbol dari logo ini melambangkan hubungan brand dengan elemen alami: daun. Dan warna ini menunjukkan sifat alami dan ceria dari brand ini, yaitu campuran dari hijau dan oranye. Titik diatas logo tersebut merupakan matahari, yang menunjukkan kehangatan dari brand ini. Selain itu, sinar matahari tersebut menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki 5 bagian, yaitu: playgroup, TK, SD, SMP dan SMA.

deborah3

Colour Scheme Saint Nicholas School

Warna utama Saint Nicholas School adalah oranye dan hijau. Oranye dipilih karena warna ini memancarkan kehangatan, keceriaan dan semangat. Hijau dipilih karena warna ini sangat lengket dengan kesan natural, karena ini merupakan warna alam.

deborah4

Seragam Pria

Seragam yang dibuat ini menggunakan warna dari tints logo Saint Nicholas, tepatnya dari warna oranye, dan logo yang ada pada saku merupakan badge.

deborah5

Seragam Wanita

Seragam yang dibuat ini menggunakan warna dari tints logo Saint Nicholas, tepatnya dari warna oranye, dan logo yang ada pada saku merupakan badge.

deborah6

deborah7

Pictogram

Pictogram ini merupakan sebuah wayfinder yang menggunakan style yang sama dengan logo baru yang telah dibuat.

deborah8

Wayfinder

Wayfinder ini digunakan sebagai penunjuk kelas/suatu tempat pada sekolah.

deborah9

Wayfinder (2)

Wayfinder ini digunakan sebagai nama suatu kelas / ruangan, yang akan diletakkan di depan ruangan.

EVELYN VICTORIA DEBORAH