Proyek PARARA 2015 bagi kelas DKV 5

Pada setiap perjalanan mata kuliah DKV 5 mengenai kampanye sosial, DKV Newmedia Binus University selalu mengundang beberapa organisasi nirlaba sebagai narasumber untuk memberikan creative brief langsung kepada mahasiswa semester 6 dalam kelasnya masing-masing. Kali ini bertepatan dengan diselenggarakannya event nasional PARARA 2015, dimana dalam event ini akan terlibat 108 komunitas lokal untuk memasarkan ratusan produk-produk komunitas adil dan lestari di Tanah Air di Lapangan Banteng, 6-7 Juni 2015.

Anggota konsersium yang berkolaborasi itu antara lain NTFP-EP, WWF, Walhi, Kehati, Rumah Organik, Perkumpulan Telapak Bogor, Jaringan Madu Hutan Nusantara.

Peran andil mahasiswa DKV Newmedia Binus dalam hal ini adalah membantu para komunitas lokal tersebut untuk memvisualkan secara indah dan komunikatif identitas dan produk yang mereka hasilkan dalam bentuk Infografis, poster, brosur, flyer dan media lainnya. Diharapkan dengan tampilan identitas yang segar, informative dan menarik akan turut membantu komunitas lokal memasarkan produk-produknya.

Setelah mendapatkan creative brief, maka mahasiswa akan mendapatkan proses bimbingan di dalam kelasnya masing-masing selama satu semester. Dalam prosesnya mereka melakukan riset lapangan dengan menghubungi komunitas lokal untuk mendapatkan data sebagai landasan untuk proses desain selanjutnya. Untuk solusi desain yang terbaik akan dipilih sebagai perangkat pendukung pameran pada booth komunitas lokal di event PARARA 2015.

ArtikelWebsite02

LINTANG WIDYOKUSUMO