Mural Project Dosen School of Design dalam rangka PARARA 2015

Dalam rangkaian PARARA 2015, selain partisipasi para mahasiswa dalam dukungan perancangan promosi komunitas lokal, para dosen School of Design juga tidak mau kalah dalam turut memeriahkan terselenggaranya event tersebut. Bentuk peran serta para dosen SoD adalah perancangan sebuah mural berukuran 244 cm x 366 cm dengan thema kolaborasi, alam yang lestari dan transaksi online. Rencananya mural tersebut akan dipasang tepat di depan pintu gerbang PARARA 2015 yang berlokasi di lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Proses perancangan mural tersebut dilakukan dengan membuat sketsa sesuai dengan thema yang diusung, kemudian dipindai untuk diberi warna secara digital. Digitalisasi sketsa tersebut bertujuan untuk memberikan color guide bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk menorehkan warna pada media tripleks tersebut, sehingga mood & color tone akan tetap terjaga walaupun dikerjakan secara terpisah. Teknik pewarnaan menggunakan cat tembok, akrilik serta marker.

Dalam proses pengerjaannya selain meningkatkan suasana teamwork juga sebagai wadah ekspresi dosen-dosen SoD sebagai kegiatan ekstra di luar tugas-tugas kantor yang administratif. Sungguh merupakan pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan, merupakan suatu wujud kerinduan kami akan proyek yang dikerjakan secara manual.

ArtikelWebsite03

LINTANG WIDYOKUSUMO