People Innovation Excellence

Parara 03: Festival Panen Raya Nusantara, Lapangan Banteng, 6-7 Juni 2015

Dalam puncak acara rangkaian kegiatan Festival Panen Raya Nusantara, sebanyak 32 mahasiswa DKV Binus memamerkan karya-karya tugas DKV5 mereka dalam acara ini. Karya-karya yang dipamerkan merupakan karya tugas Kampanye Sosial hasil kolaborasi antara mahasiswa DKV Binus dengan Komunitas Lokal yang tergabung dalam #Parara.

Parara01A

Dalam kesempatan ini mahasiswa turut berpartisipasi dengan membuat karya Desain Komunikasi Visual dalam rangka mengkampanyekan produk-produk komunitas lokal sertasemangat yang menyertainya. Dengan bantuan teman-teman lembaga pendamping yang telah menjembatani komunikasi antara mahasiswa selaku desainer dengan kawan-kawan komunitas lokal, tentunya hal ini menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mahasiswa ketika mereka berinteraksi, bertatap muka dengan narasumber dan dapat berkontribusi melalui karya DKV mereka dalam turut menyukseskan terselenggaranya kegiatan Festival Parara 2015.

Telah terpilih 6 karya mahasiswa semester 6 DKV NewMedia BINUS University yang dipamerkan dalam acara ini, dengan menampilkan komunitas lokal yaitu: Desa Dayak Kelumbi, Desa Dayak Esaid, Desa Dayak Iban, Desa Dayak Benuaq dengan kerajinan anyaman. Selain itu Flores dengan madu hutan, serta Toraja dengan hasil panennya berupa kopi.

Parara01B

Lebih dari 3000 pengunjung memadati 65 kios-kios yang menggelar produk dari 108 komunitas lokal yang berasal dari seluruh Indonesia. Kesuksesan secara penjualan dan padatnya pengunjung menunjukkan produk komunitas adil lestari diterima dengan baik oleh masyarakat perkotaan baik dari sisi desain maupun kualitas.

Festival ini, bukan sekedar panennya produk lokal saja, tapi juga ajang panen informasi dan kisah tentang nusantara, Cerita kehidupan masyarakat yang masih terus berjuang mempertahankan tanahnya dan menjaga lingkungannya, cerita masyarakat yang dengan gigih lebih memilih mengembangkan ekonomi mereka tanpa merusak alamnya. Cerita tentang madu, cerita tentang tenun, cerita tentang rotan, cerita tentang kita dan bagaimana kita mencintai semua kekayaan itu. Di festival ini mereka saling memberdayakan satu sama lain untuk mewujudkan sebuah tujuan yaitu menciptakan tatanan ekonomi yang adil dan lestari.

Beberapa tautan:
https://www.facebook.com/panenrayanusantara/posts/516462535171099
http://panenrayanusantara.com/?page_id=273


Published at :
Written By
Sari Wulandari
Head Of Program | Binus SOD NewMedia

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close