PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL KAMPANYE MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM JAKARTA

Transportasi atau pengangkutan merupakan bidang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya akan kebutuhan alat transportasi adalah kebutuhan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran pengangkutan yang menunjang pelaksanaan pembangunan yang berupa penyebaran kebutuhan pembangunan, pemerataan pembangunan, dan distribusi hasil pembangunan diberbagai sektor ke seluruh pelosok tanah air misalnya, sektor industri, perdagangan, pariwisata, dan pendidikan.

Transportasi umum merupakan layanan transportasi bersama penumpang yang tersedia yang digunakan masyarakat umum, tidak menggunakan kendaraan pribadi. Pada umumnya sebagian besar masyarakat khususnya daerah perkotaan seperti Jakarta sangat tergantung dengan angkutan umum bagi pemenuhan kebutuhan mobilitasnya, karena sebagian besar masyarakat tingkat ekonominya masih tergolong lemah atau sebagian besar tidak memiliki kendaraan pribadi. Akan tetapi semakin bergesernya waktu dan banyaknya kendaraan pribadi yang menyumbang kemacetan di Ibukota, banyak masyarakat yang lebih sadar akan manfaat dan pentingnya menggunakan transportasi umum.

Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dalam bertransportasi umum seperti tepat waktu dan tentu saja hemat. Apalagi dengan ikut bertransportasi umum maka ikut mengurangi kemacetan akibat meluapnya kendaraan pribadi di Jakarta.Tentu saja hal-hal tersebut tidak akan sepenuhnya terwujud tanpa dukungan dari masyarakat akan kesadaran berkendara umum di Jakarta.Diharapkan dengan adanya kampanye ini masyarakat di Jakarta dan sekitarnya dapat tergugah untuk menggunakan transportasi umum, apalagi dengan kondisi sekarang ini yang menunjukkan angka kemacetan terus naik seiring melonjaknya angka kendaraan peribadi dijalanan Ibukota.

Aulia02

Rahmiati Aulia